Karawang, (Antaranews Bogor) - Tiga bakal calon kepala desa yang akan maju pada pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengundurkan diri tanpa alasan jelas.

"Tiga bakal calon kades itu tidak ikut tes tertulis dan secara resmi mengundurkan diri," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Karawang Akhmad Hidayat di Karawang, Senin.

Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti alasan mundurnya bakal calon kades tersebut. Pihaknya hanya menyayangkan hal tersebut, karena ketiga bakal calon kades itu sudah menjalani proses tahapan Pilkades.

Meski begitu, mundurnya ketiga bakal calon kades itu tidak akan mempengaruhi tahapan Pilkades di desanya. Sebab bakal calon yang ada di desa itu lebih dari dua.

"Hanya tiga bakal calon kades yang mengundurkan diri. Kalau banyak yang mengundurkan diri cukup pusing juga, karena harus buka pendaftaran ulang," katanya.

Sementara itu, Pilkades serentak di 177 desa sekitar Karawang rencananya akan digelar pada 22 Februari 2015. Bakal calon kades yang maju pada Pilkades di 177 desa itu mencapai 558 orang.

Ratusan bakal calon kades tersebut telah menjalani tes tertulis pada akhir pekan lalu.

Sekretarias Daerah Pemkab Karawang Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan, tes tertulis bagi para bakal calon kades itu bagian penting dari tahapan Pilkades.

Dari hasl tes tertulis itu, akan diketahui atau ditentukan bakal calon kades yang layak dan tidak layak maju pada Pilkades.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015