Jakarta, (Antaranews Bogor) - PT Mustika Ratu Tbk dan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjajaki kerja sama untuk memperkenalkan produk jamu ke dunia internasional.

"Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk memperkenalkan produk produk asli Indonesia ke berbagai negara, khususnya produk jamu yang merupakan warisan nenek moyang," kata Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Putri K. Wardani di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan Indonesia sebagai pemilik kekayaan alam biodiversitas di dunia berkesempatan besar untuk bereksplorasi menggunakan tumbuhan alami untuk kesehatan, perawatan kecantikan dan pengobatan.

"Secara industri, perdagangan jamu masih harus diupayakan lewat Mustika Ratu dan asosiasi GP Jamu," jelas Putri yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Industri Tradisional Berbasis Budaya tersebut.

Putri mengingatkan jangan sampai jamu menjadi barang antik yang dimasukkan lemari kaca. Tetapi sesuatu yang digunakan dan relevan untuk membantu kesehatan dan perawatan kecantikan manusia modern saat ini.

Sementara itu President and CEO Garuda Indonesia, Arif Wibowo mengatakan akan mendukung langkah-langkah dan kerja sama dengan Mustika Ratu untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk asli Indonesia dan jamu ke mancanegara.

Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan terbaik di Indonesia sudah cukup lama menjalin kerja sama dengan Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia, sebagai official Flight yang menerbangkan Miss Universe dan finalis Indonesia dari berbagai provinsi di Indonesia.

Untuk itu ia juga menyatakan dukungannya terhadap kegiatan meminum jamu setiap Jumat untuk menjaga kesehatan yang dilakukan di sejumlah kementerian.

Pada Jumat (23/1) minum jamu bersama dilakukan di kantor Kementerian Kesehatan, Jl. H.R Rasuna Said, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Presiden Direktur PT.Mustika Ratu Tbk, Putri K. Wardani, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan, dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M dan beberapa menteri lainnya.

Putri mengatakan acara Minum Jamu Bersama pada hari Jumat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih sering mengonsumsi minuman Jamu. "Jamu sangat baik untuk kesehatan serta bermanfaat menjaga stamina tubuh," ungkap Putri.

Sedangkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, jamu ingin dikenalkan tak hanya pada masyarakat Indonesia, tetapi juga harus dikenal dunia lewat promosi ke kancah internasional. 

Pewarta: Oleh Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2015