Salah satu jaringan toko serba ada, Lawson Graha Tamiya menerapkan sistem Proof of Concept (PoC) atau gerai berbasis teknologi digital guna mengoptimalkan operasional toko dan penjualan, mulai 25 Agustus 2020 hingga 30 September 2020.

”NEC menyediakan berbagai solusi untuk mempercepat transformasi digital bagi para pengusaha retail. PoC ini akan memberikan masukkan yang berarti untuk mengoptimalkan operasional toko serta meningkatkan bisnis dalam situasi normal baru," ucap Presiden Direktur NEC Corporation, Ichiro Kurihara dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara di Bogor, Jumat (28/8).

Baca juga: Pemkot Depok ajak pelaku UKM manfaatkan pemasaran digital

Menurutnta, PoC merupakan sistem dan pengetahuan NEC tentang operasi toko, seperti teknologi analisis visual dan teknologi penginderaan yang akan digunakan untuk memvisualisasikan operasi toko, tren pembelian pelanggan, serta konsumsi daya peralatan toko. 

Ichiro menyebutkan, NEC akan membuat proposal untuk perbaikan, termasuk umpan balik secara real-time kepada karyawan berdasarkan data yang divisualisasikan.

Baca juga: Kartini masa kini dan teknologi digital

Ia mengatakan, Lawson mulai ada di Indonesia sejak tahun 2011 dan hingga akhir Juli 2020 telah mengoperasikan 71 gerai di tanah air. Berdasarkan hasil PoC ini, Lawson akan mengoptimalkan operasional gerai dan meningkatkan penjualan menggunakan teknologi digital di gerai-gerai di Indonesia dan negara Asia lainnya.

Selain itu, NEC akan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mewujudkan Smart Retail CX dalam mendukung operasional toko yang terus menciptakan pengalaman pelanggan yang berharga.


Baca juga: Pengusaha muda terbantu dengan perkembangan teknologi internet
Tak hanya itu, Lawson menyediakan layanan antar sebagai solusi bagi masyarakat yang merasa kesulitan untuk keluar rumah di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

Ichiro mengatakan, Lawson di Indonesia terus mengoperasikan gerainya sambil menerapkan langkah-langkah keamanan yang mencakup kampanye cuci tangan, pemakaian masker, dan desinfektan dengan alkohol.(KR-MFS).

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020