Pemerintah Kota Bekasi membentuk RW Siaga di 56 kelurahan di 12 kecamatan yang ada di wilayahnya untuk mendukung upaya pemerintah mencegah penularan COVID-19.

"Dengan adanya RW Siaga dapat memberi kesadaran masyarakat akan bahaya COVID-19 karena hingga saat ini wabah COVID-19 masih mengancam," kata Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahjono di Bekasi, Senin.

Bersama RW Siaga, ia menjelaskan, pemerintah kota menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kita mengedukasi secara personal dan kelompok tentang kebiasaan baru memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan penerapan social distancing (jarak sosial)," katanya.

Baca juga: Kota Bekasi sudah masuk zona hijau COVID-19
Baca juga: Tidak ada pasien COVID-19 meninggal dalam sebulan terakhir di Kota Bekasi

RW Siaga, ia menjelaskan, membantu menyampaikan informasi mengenai kebijakan pemerintah perihal penanggulangan COVID-19 kepada warga di lingkungan rukun warga (RW) hingga rukun tetangga (RT).

Menurut data pemerintah, Kota Bekasi memiliki 1.013 RW dan 10 hingga 15 di antaranya masih berada dalam zona merah penyebaran COVID-19.

Ketua RT 04/RW 09 Kelurahan Telukpucung di Bekasi Utara Tri Iswan mengatakan bahwa kegiatan RW Siaga masih berjalan sampai sekarang.

"Sekarang tidak terlalu ketat. Portal gang dan jalan sudah tidak semua ditutup, dilakukan buka tutup portal gang ke perumahan," katanya, menjelaskan upaya pencegahan penularan COVID-19 yang dijalankan RW Siaga.

Baca juga: Mal di Kota Bekasi terapkan adaptasi kebiasaan baru dengan baik

Ia menambahkan, pengurus RT dan RW di RW Siaga juga masih melakukan penyemprotan disinfektan di ruang publik secara berkala serta menggerakkan warga berolahraga setiap pekan.

"Program senam dan olahraga mingguan masih berjalan, kami tetap mengimbau kepada warga untuk selalu mengenakan masker dan jaga jarak fisik saat berada di ruang publik," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020