Karawang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membangun pasar induk beras di Karawang Barat untuk mengatasi kemacetan yang kini terjadi di sekitar Pasar Induk Beras Johar.

"Pasar Induk Beras yang akan dibangun itu rencananya dikelola pihak swasta," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi Kabupaten Karawang Hanafi di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, Pasar Induk Beras yang akan dibangun di Kecamatan Karawang Barat atau di Jalan Baru saat ini masih tahap pengajuan izin.

"Proses perizinannya masih dalam kajian oleh Tim Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah) setempat. Rencananya, Pasar Induk Beras yang akan dibangun itu mengacu konsep Pasar Induk Beras Cipinang," kata dia.

Dengan adanya Pasar Induk Beras di jalan Baru Karawang, maka akan mengurangi arus lalu lintas truk besar pengangkut beras di Pasar Induk Beras Johar.

Sehingga kemacetan yang biasa terjadi di sekitar Pasar Johar akibat aktivitas bongkar-muat truk pengangkut beras bisa teratasi.

"Untuk Pasar Induk Beras Johar nantinya hanya dikhususkan jual-beli beras lokal Karawang," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014