Cibinong, (Antaranews Bogor) - Pegawai negeri sipil dan anggota Satpol PP Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terjaring razia operasi Zebra Lodaya 2014 yang digelar oleh Polres Bogor, di Cibinong, Rabu.

Mereka terjaring bersama ratusan pengendara sepeda motor dan truk lainnya yang melanggar aturan lalu lintas di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong.

Umumnya, PNS dan Satpol-PP yang terjaring razia karena tidak menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor.

Namun polisi tetap memberikan surat tilang kepada PNS dan Satpol PP yang menyalahi aturan saat mengendarai sepeda motor.

Hal itu terjadi pada Yanti, seorang PNS yang berboncengan dengan temannya.

Ia ditilang karena tidak memiliki SIM saat berkendaraan sepeda motor di jalan raya.

Yanti berharap dari operasi semacam itu bisa membuat masyarakat mengerti tentang keselamatan diri saat berkendaraan di jalan raya.

Diakuinya bahwa masyarkat juga harus mendapatkan pendidikan langsung mengenai apa saja yang harus diperlukan dan digunakan saat berkendaraan.

"Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan karena sangat bagus untuk memberikan penjelasan tentang tertib berlalu lintas dan menjaga rasa aman masyarakat dalam berkendara di jalan raya," katanya.

Sementara itu, seorang warga Sadikin (30) mengaku ikut ditilang polisi karena salah mengambil jalur.

"Biasanya saya tidak lewat jalur cepat. karena lagi buru-buru, saya masuk jalur cepat dan ternyata ada razia," katanya.

Beda lagi dengan Dayat (28) yang baru pulang membeli makanan kucing dari arah Bojong Gede.

Ia tidak bisa menolak ketika sepeda motor yang dikendarai diberhentikan petugas.

" Ya, mau gimana lagi. Saya rela ditilang polisi karena salah lewat jalur cepat. padahal mau ke rumah sakit tadi," katanya.

Dayat menjelaskan dirinya diminta ikut persidangan di pengadilan pada 5 Desember 2014 oleh petugas.

Ia mengaku harus hadir di persidangan karena jika tidak mengikuti persidangan surat-surat yang ditahan polisi tidak bisa kembali.

Kapolres Bogor AKBP Sonny Mulvianto Utomo saat apel Operasi Zebra Lodaya 2014 yang dilaksanakan di Markas Polres setempat di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pengamanan dan meminimalisasi angka kecelakaan yang kerap terjadi di wilayah hukum Polres Bogor.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014