Karawang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, melalui Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah setempat akan mengembangkan "bank sampah" untuk mengatasi masalah persampahan di sekitar pemukiman warga.

"Untuk tahap awal atau pada tahun 2015, bank sampah akan dibangun di dua titik, yakni di Karawang Wetan dan wilayah Anjun," kata Sekretaris Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) setempat Wawan Setiawan di Karawang, Selasa.

Ia mengatakan bahwa diluncurkannya bank sampah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan di daerah sekitar lingkungannya.

Bank sampah itu merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah. Hal itu bagian dari pembinaan kesadaran kolektif masyarakat untuk memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan.

Selain itu, dalam menjaga lingkungan hidup, BPLHD Karawang juga akan mengoptimalkan kegiatan patroli sungai Citarum pada tahun depan.

Patroli sungai dilakukan dengan menggunakan perahu milik BPLHD setempat, dengan tujuan mengawasi sekaligus meminimalisir kegiatan pencemaran sungai.

"Kami sudah memasang alat pendeteksi pencemaran sungai Citarum di beberapa titik. Dengan begitu, tingkat pencemaran sungai Citarum di wilayah Karawang nantinya akan bisa diketahui," kata dia.

Wawan menyatakan upaya menjaga lingkungan hidup, termasuk menjaga sungai Citarum dari kegiatan pencemaran itu dilakukan dengan melibatkan sejumlah kelompok masyarakat.

Hal tersebut dilakukan karena upaya menjaga lingkungan hidup itu tidak hanya tugas pemerintah daerah, tetapi sudah menjadi tugas bersama berbagai kalangan masyarakat.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014