Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember melakukan pengasapan kepada puluhan rumah warga di Dusun Rowotengu, Kabupaten Jember, Jawa Timur untuk mencegah semakin menyebarnya penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Pengasapan yang dilakukan kami (PMI) karena di lokasi yakni RW 05 dan 06, Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro sudah ada empat warga yang positif DBD," kata Humas PMI Jember Ghufron Eviyan Efendi melalui sambungan telepon, Kamis.

Baca juga: PMI Jatim lakukan penyemprotan disinfeksi ke ponpes

Menurutnya, pengasapan tersebut merupakan permintaan dari warga yang khawatir terus meluasnya kasus DBD, permintaan tersebut langsung direspons PMI dengan melakukan survei lapangan yang kemudian dilakukan fogging.

Fogging yang dilakukan lembaga kemanusiaan ini untuk mencegah dan memberantas nyamuk Aedes aegypti yang menularkan DBD. Namun demikian, fogging ini hanya membunuh nyamuk dewasa saja, maka dari warga harus ikut berperan dalam memberantas sarang nyamuk dan jentik nyamuk dengan melakukan program 3M Plus yakni menguras dan menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas serta menggunakan lotion maupun kelambu anti-nyamuk.

Baca juga: PMI ajak warga berdonor darah jelang penerapan normal baru

Pengasapan yang dilakukan ini difokuskan ke tempat-tempat yang diduga tempat bersarangnya nyamuk dan rumah yang positif DBD, selanjutnya jarak 100 meter dari permukiman.

Sementara, Kepala Desa Sidomulyo Wasiso menambahkan pengasapan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi meluasnya penyebaran wabah DBD di lingkungan desanya. "Kami melakukan fogging menindaklanjuti informasi dari Ketua RW yang mengabarkan adanya empat warga yang positif DBD," tambahnya.

Baca juga: PMI Tangerang lakukan pencegahan dini penyebaran DBD dan cikungunya lewat sosialisasi 3M plus

Aksi pengasapan ini juga didampingi Babinsa, kader posyandu serta perangkat Desa Sidomulyo. Selain itu, pihaknya mengimbau kepada warga agar peduli dan menjaga lingkungan supaya tetap bersih, apalagi saat ini tengah pergantian musim dari hujan ke kemarau yang berpotensi nyamuk berkembangbiak. (KR-ADR)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020