Cibinong, (Antaranews Bogor) - Program revitalisasi pertanian di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, salah satunya dilakukan dengan menggarap "lahan tidur" sehingga bermanfaat bagi petani, kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat Syarifah Sofiah

"Kita manfaatkan `lahan tidur` dengan tanaman buah jambu kristal, tomat, cabai, kacang, jagung, dan lain sebagainya yang pengelolaannya dilakukan bersama masyarakat," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu.

Ia menjelaskan, pada Jumat (24/10) dirinya mewakili Wakil Bupati Bogor Nurhayanti mencanangkan kerja sama dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Herry Suhardiyanto di Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, disaksikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan diadakannya pencanangan pemanfaatan "lahan tidur" dalam program aksi dan kajian pemanfaatan lahan nonproduktif.

Menurut Syarifah Sofiah, pencanangan itu merupakan upaya Pemkab Bogor dalam melaksanakan pembangunan daerah, serta pembangunan masyarakat Kabupaten Bogor.

Ia mengatakan pemanfaatan "lahan tidur" itu merupakan upaya untuk mendorong pembangunan daerah, serta meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis lingkungan.

"Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pariwisata Kabupaten Bogor berbasis lingkungan," katanya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya kegiatan tersebut juga dapat mendorong agrowisata di Kabupaten Bogor.

Ia menegaskan Pemkab Bogor akan terus melakukan kegiatan serupa bersama berbagai pihak guna memaksimalkan program revitalisasi pertanian.

"Pencanangan tidak berhenti sampai di sini, kami akan terus kembangkan," katanya.

Wakil Ketua DPRD Iwan Setiawan menyatakan legislatif akan terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami di dewan selalu mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan hidup bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sedangkan Rektor IPB Herry Suhardianto menjelaskan, kegiatan yang diprakarsai oleh Direktorat Kajian Strategis dan Kebijakan Pertanian IPB ini merupakan jawaban atas keprihatinan mengenai pemanfaatan sumber daya alam yang masih belum maksimal.

"Keprihatinan kami atas banyaknya `lahan tidur` yang belum dimanfaatkan. Seharusnya lahan tidur ini dimanfaatkan dengan maksimal, dan dapat dicari cara untuk memanfaatkannya," katanya.

Ia berharap kerja sama IPB bersama Pemkab Bogor dapat terus dilaksanakan agar pemanfaatan sumber daya alam dapat merata ke seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

"Banyak yang dapat kita lakukan bersama, mudah-mudahan kerja sama dalam pemanfaatan `lahan tidur` ini dapat berlanjut ke wilayah lain," katanya.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014