Karawang, (Antaranews Bogor) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan, objek wisata Pantai Pisangan yang berada di wilayah utara Karawang musnah akibat peristiwa abrasi.

"Tahun 2000-an, Pantai Pisangan di Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya menjadi primadona. Tetapi sekarang sudah hilang akibat abrasi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dadan Sugardan, di Karawang, Selasa.

Abrasi yang menggerus areal objek wisata sekitar Pantai Pisangan tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, tetapi karena tidak dilakukan pencegahan saat itu, kini keindahan objek wisata itu hilang.

Ia mengakui pada tahun 2000-an, Pantai Pisangan menjadi salah satu objek wisata pantai andalan di Karawang. Selain wisata laut, di lokasi itu juga terdapat berbagai jenis wisata kuliner khas laut.

"Sekarang objek wisata Pantai Pisangan sudah hilang diterjang abrasi. Untuk memunculkan kembali objek wisata itu sulit, dan memerlukan sangat banyak anggaran," kata Dadan.

Pantauan Antara, abrasi yang terjadi di wilayah pesisir utara sekitar Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang sudah cukup parah.

Selain menenggelamkan objek wisata Pantai Pisangan, abrasi juga menggerus jalan raya, pemukiman penduduk, sarana pendidikan, sarana peribadatan, dan areal tambak.

"Abrasi memang menjadi kendala utama dalam mengembangkan objek wisata pantai di Karawang," kata Dadan.

Kini objek wisata pantai lainnya seperti Pantai Samudera Baru, Tanjungpakis, Tanjungbaru dan sejumlah objek wisata pantai lainnya juga terancam abrasi.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014