Karawang, (Antaranews Bogor) - Situ Kamojing di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, beralih fungsi menjadi lahan persawahan menyusul mengeringnya air di danau tersebut pada musim kemarau tahun ini.

"Setiap musim kemarau panjang, Situ Kamojing memang mengering, sedangkan pada musim hujan, airnya cukup melimpah," kata warga setempat Sarip, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan bahwa air Situ Kamojing mengering sejak tiga bulan terakhir. Atas kondisi itu, warga yang berprofesi petani penggarap memanfaatkannya dengan menanami tanaman padi di sekitar Situ Kamojing.

Ketika kondisi Situ Kamojing mengering, warga sering kali memanfaatkan lahan situ tersebut dengan menanami tanaman padi sehingga danau itu berubah menjadi areal sawah setiap musim kemarau.

Situ Kamojing yang berlokasi di Desa Kamojing, Kecamatan Cikampek, itu luasnya mencapai 627,656 meter persegi, mengering setiap musim kemarau panjang karena sungai yang menjadi sumber air situ tersebut menyusut.

Sungai yang menjadi sumber air Situ Kamojing itu sendiri, antara lain Sungai Cikaranggelam, Sungai Cileundi, dan Sungai Gandasoli.

Warga setempat yang berprofesi sebagai petani penggarap mengaku sudah biasa memanfaatkan dengan menanami tanaman padi di lahan Situ Kamojing yang mengering.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014