Bogor, (Antaranews Bogor) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bogor, Jawa Barat, mulai mempersiapan pelaksanaan seleksi tes kemampuan dasar dengan sistem Computer Assited Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan pemerintahan tersebut.

"Persiapan meliputi ruangan tes, perangkat komputer, dan jaringan internet," kata Hidayatullah, Kasubid Formasi Penerimaan Pegawai BKPP Kota Bogor, Kamis.

Hidayat mengatakan persiapan telah dilakukan pasca diterimanya jadwal pelaksanaan tes CAT CPNS Kota Bogor dari Badan Kepegawaian Nasional.

BKN menetapkan pelaksanaan seleksi tes CAT CPNS Kota Bogor berlangsung selama tiga hari yakni pada 13, 14 dan 15 Oktober.

"Lokasi pelaksanaan CAT CPNS telah ditentukan, kita menggunakan laboratorium SMK Negeri 3 Kota Bogor yang memiliki fasilitas komputer serta ruangan yang memadai," kata Hidayat.

Sebelumnya, untuk mendapatkan lokasi dan tempat pelaksanaan CAT CPNS 2014, Pemerintah Kota Bogor melakukan penjaringan instansi atau sekolah yang memiliki sarana prasarana komputer yang lengkap.

Dari sekian sekolah yang didata, SMK Negeri 3 terpilih untuk menjadi lokasi pelaksanaan CAT CPNS 2014.

"Karena BKPP Kota Bogor belum memiliki laboratorium komputer, sehingga untuk pelaksanaan CAT, kita (BKPP-red) berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk meminjam alat dan fasilitas lainnya," kata Hidayat.

Menurut Hidayat, pelaksanan CAT CPNS ini menjadi harapan bagi BKPP Kota Bogor agar pemerintah menyediakan fasilitas laboratorium komputer.

"Karena dengan adanya laboratorium komputer milik pemerintah ini bisa digunakan untuk menunjang kinerja pemerintahan seperti untuk Balai Diklat pegawai, bisa juga untuk seleksi pejabat dengan tes kemampuan dan kelayakan," kata Hidayat.

Hidayat menambahkan, selama tiga hari kedepan pihaknya akan terus mengecek kondisi perangkat komputer dan jaringan internet yang akan digunakan selama CAT CPNS berlangsung agar tidak terjadi "trouble" atau kendala saat nanti digunakan.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan BKN. Sabtu nanti tim BKN akan tiba untuk melakukan simulasi CAT CPNS," kata Hidayat.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 1.064 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor akan mengikuti tes kemampuan dasar sistem CAT yang akan diselenggarakan 13 Oktober mendatang.

Pemerintah Kota Bogor melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan secara resmi telah mengumumkan jadwal pelaksanaan tes kemampuan dasar dengan sistem Computer Assisted Test (TKD-CAT) pada 7 Oktober.

Tercatat sebanyak 1.480 pelamar mendaftar secara "online" pada penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Dari keseluruhan pelamar, hanya 1.064 berkas yang dinyatakan lulus verifikasi.

Peserta yang dinyatakan lulus pemberkasan wajib mengikuti seleksi Computer Asissted Test (CAT) dengan materi tes Kemampuan Dasar, terdiri dari Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Inteligensi Umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP).

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014