Karawang, (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memperkirakan anggaran Pemilihan Kepala Desa serentak di 177 desa yang akan digelar tahun 2015 mencapai Rp14,7 miliar.

"Pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) sepenuhnya dibiayai pemerintah daerah. Jadi alokasinya lumayan besar," kata Sekretaris Daerah Pemkab Karawang, Teddy Rusfendi Sutisna, di Karawang, Minggu.

Dia mengatakan, selain berasal dari Pemkab Karawang, anggaran untuk Pilkades juga bisa berasal dari anggaran desa setempat.

Tetapi anggaran desa tersebut hanya bertujuan "menambal" kekurangan dari anggaran yang telah dialokasikan Pemkab Karawang.

Menurut dia, total anggaran Pilkades yang diperkirakan mencapai Rp4,7 miliar, nominal anggaran untuk masing-masing desa berbeda.

"Anggaran Pilkades di setiap desa, tergantung jumlah hak pilih di desa tersebut," kata dia.

Tahapan Pilkades yang akan digelar di 177 desa sekitar Karawang kemungkinan besar akan dimulai pada Oktober 2014. Sedangkan pelaksanaan Pilkades diharapan dapat digelar pada Januari atau Februari.

"Pilkades sebanyak 177 desa digelar secara serentak. Karena itu dibutuhkan persiapan matang, agar Pilkades berjalan lancar," katanya.

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang, Asep Komara sebelumnya menyatakan agar Pilkades segera digelar pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan karena pada tahun 2015 akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang. Sehingga dikhawatirkan Pilkades bisa tidak terlaksana.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014