Cibinong,(Antaranews Bogor) - Sejumlah polisi wanita (Polwan) jajaran Kepolisian Resor Bogor, membagikan helm secara gratis kepada pengendara sepeda motor untuk merayakan hari ulang tahun ke-66 korps itu.

"HUT Polwan kali ini kita peringati dengan menyosialisasikan keselamatan berlalu lintas dan kita juga turut membagikan helm kepada pengguna sepeda motor yang melanggar aturan," kata perwira Polwan dari Polres Bogor di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, AKP Pahyuniati, Senin.

Dalam rangka memperingati HUT ke-66 Polwan, aparat Polres Kabupaten Bogor membagikan helm kepada pengguna jalan di seputaran Jalan Tegar Beriman, Cibinong.

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk sosialiasi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi masyarakat.

Para anggota Polwan tersebut memberhentikan para pengguna sepeda motor yang tidak mengunakan helm maupun hanya mengunakan helm satu ketika berboncengan.

Dengan tegas para Polwan langsung menyosialisasikan keselamatan lalu lintas dan selanjutnya memberikan helm standar keselamatan serta permen.

"Aksi ini dilakukan oleh seluruh jajaran Polwan Polres Bogor," kata Pahyuniati.

Ia juga menjelaskan momentum peringatan HUT ke-66 Polwan di Polres Bogor dimanfaatkan untuk sosialisasi keselamatan berlalu lintas dengan cara memberikan pengarahan kepada masyarakat dan anak sekolah.

Tujuannya, kata dia, guna menciptakan disiplin dalam berlalu lintas. "Karena semua itu bertujuan bagi keselamatan berkendara," katanya.

Seorang pengendara sepeda motor bernama Andi terjaring saat berboncengan hanya dengan satu helm bersama anaknya. Ia memberi alasan terburu-buru mengantarkan anaknya sehingga hanya memakai satu helm.

Namun, ia setuju bahwa sosialisasi keselamatan berlalu lintas hendaknya jangan hanya dilakukan saat peringatan HUT Polwan, namun dilakukan terus menerus.

"Karena angka kecelakaan lalu lintas, khususnya pengguna motor sangat tinggi yang sebagian besar para pelajar," katanya.

Ia berharap ke depan sosialisasi terhadap keselamatan berlalu lintas terus ditingkatkan.

"Khususnya kepada anak sekolah, karena kecelakaan lalu lintas sering terjadi pada anak pelajar yang tidak mematuhi disiplin dalam berlalu lintas," katanya.

Selain sosialisasi keselamatan lalu lintas di sekolah, peringatan HUT ke-66 Polwan Polres Bogor juga diisi pemberian santunan kepada pondok pesantren dan juga anak yatim.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014