Palang Merah Indonesia (PMI) mendistribusikan 4.380 paket bantuan sembako ke warga Jakarta Barat dan Selatan untuk meringankan beban warga khususnya yang tidak mampu akibat pandemi COVID-19.

"Bantuan ini berisi mi instan dan minuman kesehatan itu merupakan donasi dari sejumlah pihak. Paket didistribusikan ke 20 kelurahan di Jakarta Barat dan Selatan," kata Koordinator Bagian Logistik PMI Pusat Ilham Huznul melalui sambungan telepon, Rabu.

Baca juga: PMI Jakarta modifikasi ambulans untuk bantu evakuasi pasien COVID-19

PMI mendistribusikan paket bantuan ke lingkungan Masjid Ar Riyadh (belakang Kantor PMI Pusat) yang berisi mi instan lima buah dan minuman kesehatan sari buah ukuran 250 ml sebanyak tiga kotak.

Ribuan paket sembako itu diterima pihaknya dari donatur swasta maupun pemerintah, kemudian dititipkan ke PMI kabupaten/kota untuk dibagikan di wilayahnya masing-masing, dalam penyalurannya berkoordinasi dan dilakukan oleh pengurus RT setempat.

Baca juga: Hari Kesiapsiagaan Bencana, PMI fokus memutus penyebaran COVID-19

Selain itu, teknis pendistribusiannya agar tertib dan menjaga protokol physical distancing, pihaknya menyerahkan kepada pemerintah daerah setempat dan jika diperlukan dilakukan dari pintu ke pintu. 

Sementara, di Jakarta Selatan, PMI mendistribusikan sembako dari PT PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) sebanyak 2.280 paket yang teknis pembagiannya PMI bersama pemerintah wilayah setempat dari pintu ke pintu. 

Baca juga: SIBAT PMI ikut berperan aktif memutus mata rantai penyebaran COVID-19

Seorang penerima manfaat, Nani mengatakan selama masa pandemi ini pendapatannya semakin berkurang, bahkan dirinya sudah kebingungan untuk mencari bantuan dan beruntung PMI memberikan bantuan untuk meringankan beban akibat dampak mewabahnya COVID-19.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PALYJA dan PMI atas bantuannya," katanya. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020