Bogor (Antaranews Bogor) - Lembaga pemasyarakatan Kelas II-A Paledang, Kota Bogor kembali menggelar "open house" bagi warga binaan yang ingin bersilaturahmi dengan sanak saudaranya di Raya Idul Fitri 1434 Hijriah/2014.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kami membuka kegiatan kunjungan Lebaran bagi keluarga warga binaan selama tiga hari, terhitung mulai hari petama Lebaran," kata Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik (Binadik) Lapas Paledang Kota Bogor Iwan Setiawan, di Bogor, Selasa.

Iwan menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya pihaknya memfasilitasi kunjungan keluarga warga binaan dengan menyediakan aula dan tenda di lapangan bola sebagai tempat untuk warga binaan bersilaturahmi dengan sanak keluarganya.

Kunjangan Lebaran tersebut mulai dibuka dari pagi pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

"Kunjungan kita bagi dalam dua kloter, pertama kunjungan dibuka dari jam 09.00 WIB sampai 12.00 WIB, lalu istirahat dan dibuka lagi pukul 13.00 sampai 16.00 WIB," kata Iwan.

Menurut Iwan, setiap Lebaran kunjungan keluarga sangat tinggi dibanding hari-hari biasanya, mereka datang satu keluarga sambil membawa hidangan hari raya.

Banyaknya kunjungan keluarga yang bersilaturahmi saat Lebaran membuat antrean pengunjung di depan Lapas. Pengunjung harus menjalani pemeriksaan sebelum masuk, mengisi buku tamu dan dijadwalkan masuknya.

Setiap keluarga diperbolehkan masuk dengan beberapa syarat di antaranya tidak diperkenankan membawa alat komunikasi, membawa peralatan makan seperti sendok, piring, pisang dan lain sebagainya.

"Makanan dan minuman jenis kalengan dan botol kaca juga tidak diperbolehkan masuk. Makanan hanya boleh dibawa bila dibungkus dengan media lain seperti plastik atau kertas," kata Iwan.

Selama "open house" digelar, penjagaan di Lapas Paledang diperketat dengan menambah jumlah petugas yang melakukan penjagaan menjadi sebanyak 25 orang.

"Kita lakukan pengamanan ketat dan berlapis, selain ada petugas juga, kita juga mengerahkan staf Lapas untuk melakukan penjagaan untuk pemeriksaan pengunjung yang datang," kata Iwan.

Iwan menambahkan, di Hari Raya Idul Fitri ini jumlah warga binaan yang mendapat remisi sebanyak 487 orang dan 15 orang bebas langsung. Saat ini jumlah warga binaan di Lapas Paledang sebanyak 1.198 orang.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014