Bekasi (Antaranews Bogor) - Kantor Pegadaian Cabang Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat adanya lonjakan jumlah nasabah menjelang perayaan Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Jumlah nasabah mulai ramai untuk menggadaikan barang mereka untuk kebutuhan Lebaran," kata Kepala Cabang Pegadaian Kota Bekasi, Tutik Suwarni, di Bekasi, Rabu.

Dia mengaku belum dapat memublikasikan lonjakan nasabah hingga saat ini karena diakuinya jumlah tersebut masih bergerak secara fluktuatif.

"Yang jelas ada kenaikan dari hari biasanya," katanya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan langkah antisipasi membludaknya warga yang membutuhkan jasa pegadaian dengan menyiapkan loket tambahan dan petugas, serta dana cadangan.

"Produk yang paling banyak digadaikan masyarakat menjelang Lebaran ini berupa emas, barang elekronik, dan kendaraan bermotor," katanya.

Jumlah transaksi gadai emas saat ini tercatat hingga 90 persen dengan beragam pinjaman tergantung jenis dan beratnya.

"Barang dihargai beragam antara Rp1 juta hingga Rp10 juta, tergantung harga taksiran barang yang digadaikan," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Erik Hamzah (38), mengaku menggadaikan barang elektroniknya untuk kebutuhan mudik Lebaran ke kampung halamannya di Lamongan, Jawa Timur.

"Ini untuk biaya mudik bersama keluarga nanti. Saya sudah tiga kali mudik biasa gadai barang dulu seperti ini. Dan saya rasa barang kami juga aman di sini,� kata Erik yang juga warga RT007/014 Perumahan Bekasi Jaya indah ini.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014