Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Rita Rogayah mengemukakan daya tahan tubuh akan menentukan proses penyembuhan seorang pasien positif terinfeksi saluran pernafasan karena COVID-19.

"Kesembuhan pasien tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing," katanya di Jakarta, Rabu sore.

Rita mengatakan hal itu menanggapi kabar pasien COVID-19 pada kasus 06 dan kasus 14 yang dikabarkan oleh pemerintah kondisinya saat ini telah membaik.

Kasus 06 diketahui adalah seorang pria berusia 36 tahun yang menjadi kru Kapal Diamond Princess. Kasus 06 ditangani tim medis RSUP Persahabatan sejak Minggu (8/3).

Sementara kasus 14 adalah seorang pria berusia 50 tahun yang tertular COVID-19 di luar negeri. Penanganan terhadap pasien kasus 14 berlangsung sejak Selasa (10/3).

Baca juga: Jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia bertambah tujuh orang

Keduanya telah menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Pinere RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur.

Rita mengatakan untuk kasus 06 dan kasus 14 hanya tinggal menunggu hasil laporan kesehatan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan terkait sampel cairan tenggorokan (swap).

Baca juga: WHO: 4.012 orang meninggal saat kasus global corona sudah lebih dari 110.000

Laporan itu diperlukan oleh tim medis RSUP Persahabatan untuk memastikan bahwa keduanya dalam kondisi sembuh total.

Seorang pasien COVID-19 akan dipastikan sembuh apabila dalam dua kali pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif. "Kedua pasien masih dirawat. Kita lagi ambil laporan laboratorium dari Balitbangkes," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020