Sejak diumumkan ada orang Indonesia yang terserang virus corona, sebagian masyarakat langsung mencari tahu identitas pasien.

Padahal hal tersebut bisa mendatangkan dampak psikologis bagi si penderita.

Psikolog Intan Erlita menjelaskan seseorang yang sedang sakit secara otomatis akan mempengaruhi sisi psikologis, apalagi penyakit yang dideritanya merupakan wabah yang sedang terjadi di dunia.

"Harusnya tidak perlu di-blow up dan di share yang akhirnya jadi berita yang tidak bertanggung jawab. Ini malah akan menimbulkan efek psikologis bagi si penderita," kata Intan saat dihubungi Antara, Selasa.

Baca juga: Presiden Jokowi pastikan persediaan masker dalam negeri capai 50 juta
Baca juga: Pemerintah akan tanggung biaya kesehatan pasien Covid-19

"Karena gini, dia menderita corona aja dia udah punya ketakutan, secara psikis dia udah takut. Terus dia juga masih harus bertarung ini akan sembuh apa tidak," lanjut Intan.

Tak hanya mencari tahu soal identitas, alamat rumah dan kehidupan sehari-hari pasien, warganet juga menyebarkan foto keluarga dari yang bersangkutan. Akhirnya komentar-komentar negatif pun tidak bisa dihindari.

"Terus dia juga harus mendapati komentar-komentar yang agak nyinyir, sedangkan logikanya enggak ada yang mau punya penyakit itu," ujar Intan.

Mantan model dan pembawa acara televisi ini melanjutkan, "Saya khawatir dia akan trauma, karena di sini dia kan korban/pasien bukan terdakwa jadi ini akan memberikan efek."

Baca juga: Pemkot Depok siapkan RSUD jadi tempat perawatan sementara pasien Covid-19
Baca juga: Penetapan KLB corona di Depok tunggu hasil kajian Kemenkes

Menurut Intan, tindakan pasien untuk memeriksakan diri ke dokter adalah hal yang harus diacungi jempol. Sebab, pasien memiliki kesadaran yang tinggi akan kesehatan tubuhnya.

"Ini yang saya dapat enggak tahu hoax apa enggak dari pasien dan ibunya, saya baca miris juga dia menyatakan bahwa dia yang datang ke dokter, dia bilang ke dokter bahwa dia bareng dengan orang yang positif corona, artinya dia sendiri punya kesadaran penuh biar enggak nularin ke orang lain. Buat saya itu udah perlu diacungin jempol loh," kata Intan.

Pewarta: Maria Cicilia

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020