Karawang (Antaranews Bogor) - Calon siswa berprestasi dalam berbagai bidang di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bisa melanjutkan pendikannya ke sekolah negeri melalui jalur khusus pada penerimaan peserta didik baru tahun 2014 yang digelar secara online.

"Pada penerimaan peserta didik baru sekolah negeri tahun ini, ada lima jalur yang sedang dipersiapkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Agus Supriatman, di Karawang, Kamis.

Dikatakannya, kelima jalur pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tersebut ialah jalur khusus calon bagi siswa luar Karawang, calon siswa miskin, rayonisasi, akademisi, serta jalur khusus calon siswa berprestasi.

Menurut dia, dengan adanya jalur-jalur pada PPDB online tahun ini, maka siswa SMP atau SD yang memiliki prestasi akan menambah poin tambah untuk masuk ke sekolah negeri.

"Prestasi itu sifatnya umum, baik itu berprestasi dalam bidang olahraga, seni, dan lain-lain. Tetapi calon siswa yang berprestasi itu harus melampirkan piagam," katanya.

Khusus jalur prestasi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat akan menyiapkan tim yang akan menguji keaslian sertifikat atau piagam yang dimiliki calon siswa tersebut.

"Prestasi itu bisa diraih dari kompetisi atau perlombaan yang digelar pemerintah (mulai tingkat kabupaten sampai tingkat pusat). Termasuk prestasi yang digelar Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) serta pihak swasta," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014