Bekasi (Antaranews Bogor) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, meresmikan fasilitas parkir khusus sepeda untuk masyarakat umum yang pertama kalinya ada di wilayah setempat, Minggu.

"Kami dorong warga untuk beralih sarana transportasi dengan menyediakan fasilitas penunjang bersepeda. Sebelumnya kita sudah memiliki jalur khusus sepeda, kali ini ditambah dengan tempat parkirnya," kata Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu usai peresmian.

Kehadiran lokasi parkir khusus sepeda ini merupakan salah satu bentuk rangsangan kepada warga guna beralih menggunakan moda transportasi ramah lingkungan.

Seperti halnya jalur khusus sepeda yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, fasilitas parkir khusus untuk umum tersebut juga disiapkan di tempat yang sama.

Tepatnya di samping halte dua stadion, tak jauh dari kompleks perkantoran Pemerintah Kota Bekasi.

Pemilihan lokasi tersebut didasari pertimbangan banyaknya karyawan yang dijemput olehy pihak perusahaan untuk menuju tempat kerja di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, bahkan Jakarta.

"Selama ini para pengguna sepeda kebingungan mencari lokasi parkir yang dekat dengan halte. Mudah-mudahan kehadiran fasilitas ini bisa menjawab kebutuhan mereka," katanya.

Fasilitas parkir itu merupakan proyek percontohan yang baru pertama kali dikembangkan. Bilamana respon masyarakat antusias, bisa saja kami membangunnya di lokasi lain," katanya.

Syaikhu sangat berharap kehadiran fasilitas ini bisa makin memacu warga Kota Bekasi mau beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Sebab banyak manfaat yang bisa dinikmati dengan bersepeda.

"Badan menjadi sehat yang sudah pasti. Sebab tubuh diajak berolahraga dan udara yang dihirup pun menjadi lebih segar dan sehat dengan berkurangnya polusi dari kendaraan bermotor," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014