Cikarang (Antaranews Bogor) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai membentuk tim medis yang akan disiagakan sepanjang pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah November 2014.

"Kami sudah menyiapkan sebanyak 20 orang dokter umum yang akan bertugas setiap jalannya pertandingan untuk mengawasi kondisi atlet dan memberi pertolongan pertama saat terjadi cedera," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Moeharmansyah Boestari di Cikarang, Rabu.

Menurut dia tim medis tersebut akan tergabung dalam susunan kepanitiaan penyelenggara Porda Bidang Kesehatan.

"Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah sudah membentuk kepanitian, salah satunya bidang kesehatan," katanya.

Bidang kesehatan itu, fungsinya adalah memberikan bantuan pengobatan bagi para atlet yang bertanding, jika terjadi cedera maka proses kesembuhannya akan ditangani oleh tim dokter yang sudah dipersiapkan.

Selain penyediaan tenaga medis, kata dia, pihaknya juga telah dijanjikan bantuan obat-obatan bagi para atlet dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami akan mendapat bantuan obat-obatan yang akan diberikan kepada para atlet jika mengalami cedera," katanya.

Dikatakan Moeharmansyah, pihaknya juga memepersiapkansejumlah rumah sakit rujukan bagi atlet yang mengalami cedera serius saat bertanding.

"Apabila ada atlet cedera serius, maka kami akan langsung merujuknya ke rumah sakit agar ditangani oleh dokter spesialis," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014