Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memanfaatkan peluang perkembangan sektor pariwisata di daerahnya dengan membuka beberapa pusat oleh-oleh khas Purwakarta.

Bupati setempat Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Senin, mengatakan dibukanya beberapa pusat oleh-oleh tersebut sebagai bagian dari pemanfaatan berkembangnya sektor pariwisata di Purwakarta.

Baca juga: Bupati Purwakarta ajak milenial ikut promosikan potensi wisata

Selain itu, juga menjadi bagian dari upaya pemkab dalam mendorong berkembangnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

“Sektor pariwisata kita saat ini mulai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Ini menjadi peluang kami untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Baca juga: Pelaku UMKM Purwakarta diharap konsisten kembangkan produk

Menurut dia, berkembangnya sektor pariwisata dipastikan akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terbukti, saat ini saja sudah banyak bermunculan ekonomi kreatif di masyarakat, mulai jenis kuliner hingga buah tangan.

“Alhamdulillah, sejauh ini denyut perekonomian masyarakat melalui UMKM cenderung berkembang. Makanya tugas pemerintah sendiri ialah memfasilitasinya, baik dari sisi edukasi pengembangan produknya maupun dari sisi pemasaran,” jelas dia.

Baca juga: Bupati: Hotel diperlukan untuk tunjang sektor pariwisata Purwakarta

Terkait pemasaran, upaya yang dilakukannya yaitu dengan membantu menyiapkan outlet khusus. Salah satu bentuknya, berupa pusat oleh-oleh bernama Galeri Menong.

Anne memastikan, ke depan pihaknya akan memperbanyak Galeri Menong. Terutama, di simpul pariwisata. Pembangunan outlet seperti ini, akan dilakukan secara bertahap. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2020