Karawang (Antaranews Bogor) - Pengurus DPC PDIP Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan masih mempertahankan status Karawang sebagai basis PDIP menyusul cukup tingginya perolehan suara pada Pemilihan Umum Legislatif 2014.

"Dari catatan sementara, hingga saat ini PDIP sudah memperoleh 208.000 suara. Dengan perolehan suara itu, maka kami masih mempertahankan status Karawang sebagai basis PDIP," katanya, di Karawang, Rabu.

Dikatakannya, PDIP selalu memperoleh suara terbanyak sejak Pemilihan Umum 2009 hingga 2014. Pada Pemilu 2009 PDIP berhasil meraih suara terbanyak hingga mencapai 140.000 suara dan pada Pemilu tahun ini PDIP mampu meraih suara signifikan sebanyak 208.000 suara.

Menurut dia, dengan perolehan suara yang cukup signifikan pada Pemilu Legislatif 2014, maka PDIP Karawang dipastikan akan memperoleh sembilan kursi DPRD Karawang dan mendapatkan "jatah" kursi Ketua DPRD.

Sesuai dengan catatan yang telah diterima, kata dia, dengan perolehan suara yang cukup banyak, target untuk memperoleh suara pada Pemilu Legislatif diatas 19 persen sudah terlampaui.

Meski meraih suara terbanyak, tetapi PDIP masih belum mampu menambah perolehan kursi di DPRD Karawang. Itu terjadi karena banyak suara sisa yang tidak bisa bertarung dalam putaran kedua.

"Seperti di daerah pemilihan IV. Dalam meraih suara sisa PDIP kalah dengan PAN. Makanya PAN mampu akan meraih satu kursi di daerah pemilihan itu," katanya.

Perolehan sembilan kursi DPRD Karawang yang sudah aman bagi PDIP itu ialah Daerah Pemilihan (Dapil) Karawang I memperoleh dua kursi, satu kursi untuk masing-masing Dapil II, Dapil III, dan Dapil IV, serta masing-masing dua kursi dari Dapil V dan VI.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014