Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendorong partisipasi pelaku usaha di wilayah itu untuk  membantu percepatan pembangunan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Salah satu partisipasi swasta lewat CSR-nya baru-baru ini saat saya menghadiri soft launching Taman Pelangi di Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran," kata Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Slamet Supriyadi di Bekasi, Sabtu.

Slamet mengatakan mengacu pada Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2015 ada enam sektor pengalokasian CSR di antaranya sektor pendidikan dan sektor kesehatan.

Baca juga: Bekasi kembangkan destinasi wisata swafoto 'Taman Pelangi'

Kemudian sektor sosial dan keagamaan, infrastruktur dan lingkungan hidup, ekonomi, serta olahraga seni budaya dan kebugaran juga turut menjadi bagian dari pengalokasian dana tersebut.

Dari enam aspek tersebut terdapat pembangunan yang merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dalam pelaksanaannya.

"Untuk membangun Kabupaten Bekasi, kita tidak hanya mengandalkan dana dari APBD saja, tetapi dibutuhkan juga peran serta masyarakat khususnya pengusaha melalui program CSR," kata Slamet.

Baca juga: BBWM Bekasi salurkan dana CSR kepada anak yatim di LKSA

Hal ini seperti yang dilakukan PT Sugity Creatives yang melaksanakan program CSR-nya dengan membangun Taman Pelangi sebagai sarana ruang publik khususnya bagi masyarakat sekitar.

President PT Sugity Creatives, Katsuhiro Matsuo mengatakan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan CSR ini merupakan wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar khususnya yang ada di Pebayuran.

"Kami konsisten membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan percepatan pembangunan. Ke depan kami akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menentukan pengalokasian CSR kami," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi diminta transparan kelola CSR

Selain Taman Pelangi perusahaan yang bergerak di bidang otomotif manufaktur (vendor Toyota) itu juga telah menyalurkan CSR-nya di sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi.

"Selama beberpa tahun terakhir ini kami juga konsisten melakukan penghijauan di area bumi perkemahan Karang Kitri, Kecamatan Bojongmangu," kata Katsuhiro.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019