PT Pertamina memastikan ketersediaan berbagai produk Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 untuk melayani konsumen di Sukabumi, Jawa Barat.

"Menjelang perayaan hari besar keagamaan dan libur nasional biasanya permintaan BBM akan meningkat. Maka dari itu, kami sudah mempersiapkannya antisipasi adanya lonjakan permintaan," kata Sales Area Manager Sukabumi-Cianjur PT Pertamina Fahrizal Imadudin di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Pertamina ajak masyarakat gunakan BBM nonsubsidi

Ia mengatakan penggunaan BBM diprediksi akan meningkat karena banyak konsumen yang hilir mudik memanfaatkan liburan mereka, seperti bersilaturahmi atau merayakan Natal bersama keluarga dan puncaknya saat perayaan pergantian tahun.

Pada saat pergantian tahun, kata dia, warga akan banyak turun ke jalan menggunakan kendaraan bermotor mereka dan ini tentunya akan ada lonjakan permintaan dari konsumen. Selain itu kendaraan yang digunakan untuk berwisata juga bertambah.

Baca juga: Sukabumi periksa alat tera SPBU

"Produk BBM harus kami sediakan di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di kota maupun kabupaten di Sukabumi. Dipastikan pada dua libur nasional pada Desember ini persediaan BBM cukup," tambahnya.

Di sisi lain ia mengimbau kepada pengguna kendaraan bermotor agar menggunakan BBM ramah lingkungan seperti seri Perta. Apalagi, lanjut dia, pencermaran udara dari asap kendaraan bermotor di Indonesia makin parah, meskipun tidak di seluruh daerah.

Baca juga: SPBU di Sukabumi kekurangan stok BBM subsidi

Untuk mengurangi polusi udara, penggunaan BBM ramah lingkungan sangat dianjurkan. Selain itu, kata dia, kendaraan bermotor yang menggunakan BBM ramah lingkungan mesinnya juga akan lebih awet dan hemat bahan bakar.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019