Seminar Nasional untuk kalangan mahasiswa dilaksanakan di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor pada tanggal 13 November 2019. Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah “Peran Generasi Milenial dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0”.

Seminar dilakukan untuk memacu para mahasiswa untuk meneliti dan menulis artikel ilmiah.

Terdapat sekitar 56 artikel ilmiah yang diterima untuk disajikan dalam seminar nasional ini dengan asal institusi selain Polbangtan Bogor adalah Polbangtan Medan, Sekolah Vokasi IPB, Universitas Trilogi, dan Universitas Padjadjaran.

Baca juga: Polbangtan Bogor-Kemenko Perekonomian gelar Workshop Kewirausahaan

Sebelum diskusi panel, peserta mendapatkan materi dari narasumber yaitu Bp. Arya Widura Ritonga, SP., M.Si yang merupakan dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University dan Bp. Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt, M.Sc yang merupakan dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB University.

Judul pemaparan yang disampaikan oleh Bp. Arya Widura Ritonga adalah Generasi Milenial untuk Pertanian.

Sebagai pembicara yang mewakili generasi milenial, Arya banyak memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa tentang perkembangan teknologi pertanian di era industri 4.0 skill apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi era yang semakin maju.

Beliau juga menekankan penguasaan teknologi memang diperlukan, tetapi mahasiswa juga harus memegang nilai-nilai berkehidupan seperti bekerja keras dan disiplin, jujur dan religius, dan sabar dan syukur.

Selain itu, dosen yang juga memiliki kompetensi di bidang genetika tanaman, beliau juga menampilkan tren-tren terkini dan varietas-varietas baru yang telah dilepas oleh IPB.

Baca juga: Polbangtan Bogor gelar audiensi dengan Kemenko Perekonomian

Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt, M.Sc yang berasal dari Fakultas Peternakan  menyampaikan bahwa pengembangan ternak pedaging fungsional dapat dilakukan melalui peningkatan mutu genetik ternak.

Lewat paparan yang berjudul “Aplikasi Precision Genomic dalam Mendukung Pemuliaan Ternak di Indonesia”, Asep Gunawan menjelaskan tentang pengembangan peternakan di Indonesia untuk mendukung revolusi industri 4.0 dapat dilakukan melalui peningkatan mutu genetik ternak.

Indonesia dengan wilayah yang luas memiliki keragaman ternak yang tinggi sehingga harus dioptimalkan agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan daging dalam negeri.

Selain itu, Asep Gunawan juga memotivasi mahasiswa Polbangtan untuk tidak henti belajar dan mencintai pertanian karena generasi mahasiswa saat ini yang akan memegang peranan penting di Indonesia 10 tahun yang akan datang.

Baca juga: Polbangtan Bogor gelar Seminar Metodologi Penelitian

Setelah sesi diskusi, seminar dilanjutkan dengan sesi parallel yang dipandu oleh moderator. Mahasiswa kemudian mempresentasikan tulisan ilmiahnya masing-masing dan dinilai oleh moderator.

Kemudian acara dilanjutkan ke pengumuman presenter terbaik yang jatuh pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Hewan di bawah bimbingan Dr. drh Endang Endrakasih, MP yaitu Liza Ramadhani dengan judul tulisan “Ekstrak Jahe (Zingiber officinale) dan Madu sebagai Pengawet Alami Susu Pasteurisasi”.

Seminar nasional ditutup oleh Ibu Wakil Direktur I, Dr. Tri Ratna Saridewi, SP., M.Si. Beliau menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah giat melalukan percobaan dan menulis karya ilmiah. Beliau juga berharap acara ini akan menjadi agenda rutin tahunan di Polbangtan Bogor.
 

Pewarta: Oleh: Humas Polbangtan Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019