Himpunan Profesi Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik (HKSA) Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor telah menyelenggarakan pet expo terbesar di Bogor pada 27 Oktober 2019 lalu di Taman Parahyangan Satu Bogor  yang berlangsung dari pukul 08.00-16.00.

Acara yang dinamai Pet Care Day 2019 ini rutin diselenggarakan sekali dalam setahun. Pada tahun ini mengangkat tema “Be The One Your Pets Deserve”.

Tujuannya selain sebagai sarana memperingati World Animal Day yang jatuh pada tanggal 4 Oktober, Pet Care Day juga diselenggarakan untuk mengajak masyarakat berinteraksi dengan hewan secara langsung, mendekatkan pemilik hewan dengan hewan kesayangannya, melakukan pencegahan penyakit pada hewan kesayangan dengan memberikan vaksinasi bersubsidi, serta mengedukasi masyarakat umum seputar kesejahteraan hewan atau animal welfare.
Beberapa hewan peliharaan sedang melakukan pemeriksaan pada kegiatan Pet Care Day 2019 di Taman Parahyangan Satu Bogor, Jawa Barat, Minggu, 27/10/19.

Acara ini sangat ramai dengan pengunjung yang datang  membawa binatang peliharaannnya untuk mengikuti rangkaian lomba-lomba atau untuk memberikan vaksin gratis atau sekedar berjalan-jalan mengunjungi komunitas dan booth.

Lomba-lomba yang memeriahkan pameran hewan ini di antaranya adalah fun dog games yang diselenggarkan oleh Dog Lovers Bogor, cat show yang dijurikan oleh Drh. Sylvia Oscarina dan Ikhsan Maulana, sugar glider competition yang diselnggarakan oleh Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia regional Bogor, dan kontes fotografi.

Komunitas hewan yang ikut meramaikan yaitu komunitas reptil, kucing, anjing, kelinci, sugarglider, musang, otter, dan burung. Adapula penjualan makanan dan aksesoris untuk binatang peliharaan.
Beberapa mahasiswa HKSA FKH IPB saat menjadi panitia kegiatan Pet Care Day 2019 di Taman Parahyangan Satu Bogor, Jawa Barat, Minggu, 27/10/19.

Selain itu, ada petting zoo dimana kita bisa memberikan makanan langsung pada hewan.

Talkshow-talkshow seru yang mendukung tujuan dari acara ini pun dilaksanakan di antaranya  Talkshow  Animal Bonding with Small Animal oleh Drh. Rio Aditya Setiawan, M.Sc sebagai Scientific Affairs Manager dari Royal Canin, Talkshow Animal Bonding with Exotic Pets oleh Drh. Yulyani Dewi sebagai Exotic Pet Vet dari Pet Care, Edu Talk Sugar Glider oleh KPSGI, Basic Grooming and Grooming Class oleh Viviana Park sebagai Korean Professional Groomer dari IRUKA, serta Sosialisasi Bank Sampah.
Beberpa pemenang lomba pada kegiatan Pet Care Day 2019 di Taman Parahyangan Satu Bogor, Jawa Barat, Minggu, 27/10/19.

HKSA juga berkejasama dengan RSHP menyelenggarakan Baktivet yaitu memberikan pelayanan vaksin gratis dan konsultasi kepada dokter hewan langsung bagi pengunjung. Vaksin yang disediakan yaitu vaksin rabies, pengunjung bisa memvaksin hewan peliharaan mereka dengan harga 10.000 saja untuk biaya registrasi.

Penutupan kegiatan ini dilakukan pada pukul 16.00 WIB. Sebelum penutupan, diumumkan pemenang lomba Fun Dog Show, Sugar Glider Competition, dan Photography Contest.

Pewarta: Oleh: HKSA FKH IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019