Karawang (Antaranews Bogor) - Ribuan nelayan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendapatkan bantuan beras dari pemerintah daerah setempat karena mereka sudah cukup lama tidak melaut setelah terjadi cuaca ekstrem sejak beberapa bulan terakhir.

Sekda Pemerintah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna di Karawang, Kamis, mengatakan, para nelayan yang mendapat bantuan beras berjumlah 6.691 kepala keluarga (KK) nelayan. Ribuan nelayan yang mendapatkan bantuan itu tersebar dari 12 Tempat Pelelangan Ikan di sekitar Karawang.

Para nelayan yang tersebar dari 12 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) itu berada di sembilan kecamatan daerah pantai utara Karawang, ujarnya.

"Untuk total bantuan beras yang diserahkan itu sebanyak 52.4 ton. Bantuan itu disalurkan kepada perwakilan TPI, untuk selanjutnya diserahkan kepada para nelayan," katanya.

Di wilayah Kecamatan Cilamaya Wetan, bantuan beras disalurkan melalui empat TPI, yakni TPI Muara, TPI Satar, TPI Praubosok, serta TPI Tangkolak.

Di wilayah pesisirr utara Kecamatan Cilamaya Kulon, bantuan beras untuk nelayan disalurkan melalui TPI Pasir putih, dan melalui TPI Ciparage bantuan beras untuk nelayan Kecamatan Tempuran.

Untuk nelayan di wilayah Kecamatan Pedes, bantuan beras disalurkan melalui TPI Sungaibuntu. Sedangkan untuk nelayan Cibuaya bantuan disalurkan melalui TPI Cemara dan TPI Sedari.

Sementara bagi nelayan di wilayah Kecamatan Pakisjaya, penyaluran bantuan beras diberikan melalui TPI Tambaksari dan TPI Pakisjaya. Kemudian untuk nelayan di Kecamatan Cilebar penyalurannya melalui TPI Mekarjati.

Sekda meminta maaf kepada para nelayan yang sudah cukup lama tidak melaut, karena baru kesempatan kali ini disalurkan bantuan beras.

"Semoga bantuan beras ini bermanfaat serta dapat meringankan beban para nelayan yang tidak bisa melaut akibat cuaca buruk yang sudah cukup lama terjadi," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014