Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Karawang, Purwakarta dan Bekasi, Dedi Mulyadi menyatakan transportasi air berpotensi untuk dikembangkan di sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Kalau pengembangan jalan tol yang sekarang sedang gencar dibangun itu sudah biasa. Sekarang sudah waktunya kita mengembangkan transportasi air," katanya, di Purwakarta, Minggu.

Baca juga: Dedi Mulyadi siap gugat" class action" atas pencemaran Sungai Cilamaya
Baca juga: Pilkada 2020, Golkar Jabar siapkan kader terbaik

Ia mengatakan, transportasi air dengan memanfaatkan aliran sungai besar bisa dikembangkan secara terintegrasi di sejumlah wilayah di Jabar.

Mulai dari wilayah Cirebon, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, dan Kabupaten Bekasi bisa dikembangkan transportasi air secara terintegrasi.

Menurut dia, tahap awal untuk merealisasikan transportasi air dimulai dengan membangun jembatan yang melengkung, tidak lagi lurus dengan jalan. Sehingga nantinya bisa dilewati perahu besar.

Baca juga: Dedi Mulyadi sarankan pembangunan di Karawang, Purwakarta dan Bekasi saling mendukung

Dikatakannya, di antara keutamaan transportasi air ialah kondisi sungai akan terjaga dan tertata dengan baik, karena sungai menjadi sarana utama dalam pengembangan transportasi air tersebut.

Selain itu, pengembangan transportasi air juga bisa menjadi daya tarik wisata, sehingga menjadi daerah tujuan wisata. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019