Provinsi Lampung akan melaksanakan kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dan Pengukuhan Bunda Literasi Provinsi Lampung, yang akan digelar di ruang Abung Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung, di Banarlampung, Selasa (8/10/2019).

Karena itu, Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung mengadakan audiensi dengan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Pj. Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Jumat (4/10/2019).

Rombongan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dipimpin langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Ferynia.
Tampak hadir mendampingi Kadis Ferynia, Sekretaris dan para Kepala Bidang serta Kepala Seksi.

Dalam audiensi itu dibahas berbagai persiapan guna suksesnya acara pengukuhan ibu Riana Sari Arinal sebagai Bunda Literasi Provinsi Lampung Tahun 2019.

Baca juga: Pejabat Perpustakaan Nasional Kunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung

Kadis Ferynia melaporkan kesiapan pelaksanaan Pengukuhan Bunda Literasi telah mencapai 90 persen.

"Prinsipnya kami beserta jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah mempesiapkan acara tersebut semaksimal mungkin. Undangan telah disebar begitu juga dengan para narasumber. Bahkan Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Syarif Bando akan hadir sekaligus mengukuhkan Ibu Riana Sari Arinal  sebagai Bunda Literasi Provinsi Lampung Tahun 2019," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pengukuhan bunda literasi ditetapkan dengan Surat Keputusan Gubernur Lampung.
"Surat Keputusannya sedang di proses di Biro Hukum, untuk ditandatangani bapak gubernur", jelas Ferynia.

Tempat nyaman layak dan mudah mencari informasi

Dalam arahannya Fahrizal berpesan Peningkatan budaya baca disemua lapisan masyarakat akan lebih cepat, karena dengan seorang ibu akan lebih dekat dengan masyarakat, lebih inovatif dan kreatif dalam menumbuh kembangkan minat baca.

"Dengan terbangunnya masyarakat Lampung yang cerdas, maka kesejahteraan Lampung meningkat menuju terwujudnya Lampung Berjaya," jelas Fahrizal pula.

Baca juga: Penulis Lampung Karina Lin Grand Launching Buku Kumlet Antargata

Dalam audiensi itu juga dibahas juga, terkait sedang dibangunnya gedung perpustakaan yang representatif dan modern milik Pemprov, menurut Fahrizal masyarakat Lampung akan memiliki tempat yang nyaman dan layak yang membuat masyarakat mudah mencari informasi yang dibutuhkan guna meningkatkan kualitas diri dan mencerdaskan masyarakat Lampung sesusi dengan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Dengan meningkatkan budaya literasi di Provinsi Lampung, maka akan tumbuh generasi yang kreatif dan inovatif, karena hasil dari literasi adalah kreatifitas," pungkas Fahrizal. (RLs/Disperpusarsip Lampung/ANT-BPJ).

Pewarta: Oleh: Humas Disperpusarsip Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019