Palang Merah Indonesia (PMI) meluncurkan donasi digital kemanusiaan dengan  Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS ) yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia dan PT Bank Nationalnobu Tbk.

Acara penandatanganan kerja sama tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat PMI di Jalan Gatot Subroto Jakarta pada Selasa, (24/9) yang dihadiri oleh Pelaksana Harian Ketua PMI Ginandjar Kartasasmita, Ketua APRINDO Roy Nicholas Mandey dan Komisaris Utama Nobu Bank Prof. Adrianus Mooy.

"Kerja sama ini diharapkan, masyarakat luas memperoleh kemudahan dalam memberikan donasi kepada PMI kapanpun dan di manapun karena dapat dilakukan di jaringan ritel yang tergabung dalam APRINDO," kata Ginandjar Kartasasmita, Selasa.

Baca juga: PMI NTB distribusikan ribuan solar lamp untuk masyarakat rentan

PMI juga memperoleh kemudahan melakukan pengelolaan penerimaan donasi karena donasi ini dilakukan secara digital (nontunai) melalui QRIS, sehingga lebih mudah dan aman. Bagi PMI, dengan donasi masyarakat yang berkelanjutan dan jangka panjang maka akan menjadi stand by fund yang sangat berguna bagi kebutuhan penanggulangan bencana yang dapat datang sewaktu-waktu.

Sementara, Ketua APRINDO Roy Mandey menambahkan bahwa APRINDO ingin memberi dukungan bagi PMI dalam menghimpun donasi dari masyarakat dengan memfasilitasi akses yang lebih luas melalui jaringan ritel yang tergabung dalam APRINDO.

Dengan jaringan yang cukup luas tersebut, masyarakat di manapun dapat dengan mudah memberikan donasi kemanusiaan dan dilakukan setiap waktu, tidak hanya saat terjadi bencana.

Baca juga: PMI Palu distribusikan paket bantuan untuk korban likuifaksi
Baca juga: PMI Pontianak kerahkan tim pertolongan pertama bantu korban kabut asap

"Kami akan mengiimbau kepada seluruh anggota APRINDO untuk turut mendukung kerjasama ini sebagai bentuk empati pada misi kemanusiaan yang telah diemban PMI selama ini. Dukungan donasi masyarakat yang semakin besar sangat membantu setiap kegiatan kemanusiaan yang dijalankan PMI," tambahnya.

Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Djohan mengatakan bahwa Bank Indonesia telah meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada 17 Agustus 2019 lalu yaitu QR Code yang telah terstandar untuk menerima pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Nobu Bank merupakan salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang secara proaktif mendukung diluncurkannya QRIS ini. Dengan QRIS, masyarakat dengan mudah dapat melakukan pembayaran dalam hal ini donasi kemanusiaan melalui PMI, menggunakan platform jasa pembayaran manapun, seperti mobile banking, e-wallet atau e-money, baik dari bank maupun nonbank, yang menyediakan fitur pembayaran melalui pemindai QR dari smartphone

Dengan QRIS ini, setiap lokasi penerimaan donasi cukup meletakkan QRCode di area tertentu yang mudah dilihat dan masyarakat cukup melakukan scan dan memasukkan nilai uang yang ingin didonasikan dan dana langsung terkirim.

Di lain pihak, PMI langsung menerima donasi masyarakat tersebut di rekeningnya sehingga lebih cepat, aman dan nyaman karena tidak perlu mengelola uang tunai.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019