Bogor  (Antaranews Bogor) - "Recognition and Mentoring Program" Institut Pertanian Bogor mengundang mahasiswa dan sarjana inventor dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti Program Pengembangan Prototipe 2014.

"Program diselenggarakan di Kota Bogor, pada 17 Februari hingga 14 Maret mendatang," kata Direktur Recognition and Mentoring Program Institut Pertanian Bogor (RAMP IPB) Dr Aji Hermawan di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Ia menjelaskan program prototipe merupakan pengembangan dari "Pre Mentoring Program", yaitu suatu bentuk kegiatan yang dirancang untuk menggali ide atau solusi teknologi yang dihasilkan oleh mahasiswa dari kampus-kampus di seluruh Indonesia.

Pre Mentoring Program dilaksanakan berupa "In-class Training", "Internship" (magang), presentasi dan diskusi, "Field Trip", dan evaluasi.

Kemudian, pelatihan mengenai Engineering Idea (Product) Development Process selama 40 jam (lima hari kerja).

Materi pelatihan diberikan oleh tujuh orang ahli sebagai pengajar terkait dengan topik pelatihan.

Ia menjelaskan magang dengan cara "In-lab practical work" yang ditujukan untuk membangun atau menyempurnakan ide invensi bagi masing-masing peserta.

Setiap peserta didampingi oleh seorang dosen pembimbing, seorang dosen narasumber dan seorang tutor.

Aji Hermawan menjelaskan persyaratan program prototipe adalah harus tercatat sebagai mahasiswa semester akhir, lulusan baru (fresh graduate) maksimal satu tahun dari tanggal kelulusan, memiliki ide invensi/inovasi teknologi atau solusi teknologi, dan memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan ide atau solusi teknologi dan mengembangkannya menjadi entitas bisnis/usaha.

Pada program prototipe ini, peserta akan mengikuti pelatihan berupa "In-class Trainin"  tentang 'Engineering Idea (Product Development Process)", dan Internship (magang): "In-lab practical work" untuk membangun ataupun menyempurnakan ide invensi bagi masing-masing peserta.

Selain itu, peserta juga akan mengikuti presentasi dan diskusi.

Menurut dia selama masa internship, masing-masing peserta melakukan tiga kali presentasi terkait status dan perkembangan ide invensinya yaitu presentasi awal, presentasi progress, dan presentasi akhir.

Selama masa workshop dan intership para peserta, dengan didampingi pembimbing dan tutor, melakukan kunjungan lapangan (field trip) ke industri yang terkait dengan bidang invensi para peserta.

Peserta yang akan mengikuti program ini, terlebih dahulu harus mengikuti seleksi, dan diharuskan mengirimkan proposal, dengan mencantumkan hasil temuan dan keunggulannya dalam menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Fasilitas yang akan diterima pemenang Program Pengembangan Prototipe 2014, yaitu berupa biaya training dan magang, akomodasi dan transportasi selama training, dan fasilitas pendanaan bagi pemenang.

Proposal dikirimkan ke Sekretariat RAMP-IPB Jalan Raya Pajajaran No. 1 Kampus IPB Baranangsiang, Pintu 3, Bogor 16127.

Batas akhir pengiriman proposal pada 20 Januari (cap pos), sedangkan pengumuman pemenang pada 30 Januari. Adapun pelatihan dan magang program prototipe akan dilaksanakan pada 17 Februari - 14 Maret 2014.

Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2014