Puluhan siswa SDN 2 Lawen Kecamatan Pandanarum, Banjarnegara, Jawa Tengah diajak untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat oleh relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Banjarnegara.

"Promosi Kebersihan dan kesehatan tersebut merupakan wujud nyata dan upaya yang dilakukan oleh PMI dengan menggandeng lembaga terkait dalam penyiapan masyarakat yang sehat," kata Koordinator Team Promosi Kesehatan PMI Banjarnegara Ismail melalui sambungan telepon di Banjarnegara, Senin.

Menurutnya, langkah kecil ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat, utamanya anak-anak usia dini yang masih duduk di bangku SD di mana mereka adalah agen masa depan bangsa khususnya dalam bidang kesehatan dan kebersihan.

Baca juga: Pembangunan sekolah ramah gempa dan masjid di NTB merupakan bentuk komitmen PMI

Dalam kegiatan tersebut siswa diberikan pemahaman tentang jenis dan macam macam obat, penggunaan, bahaya penyalahgunaan dan tugas apoteker yang diberikan oleh Ikatan Apoteker Indonesia. Sementara PMI memberikan materi tentang pentingnya hidup bersih, menjaga kebersihan serta cuci tangan yang benar.

Kepala SDN 2 Lawen, Juwandi mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk anak anak sekolah, karena mereka merupakan generasi muda penerus masa depan yang harus paham dan tahu tentang arti kebersihan dan kesehatan.

"Terima kasih kepada PMI dan IAI Banjarnegara yang telah membagikan ilmu serta manfaat kepada peserta didik kami, semoga dapat berkesan dan bermanfaat untuk kemaslahatan kedepan," jelasnya.

Baca juga: PMI Lampung Selatan sisir pantai pascagempa

Selama ini anak anak mengenal PMI hanya sebatas donor darah, namun ternyata banyak hal yang didapat tentang peran dan tugas pokok PMI utamanya dalam hal mitigasi bencana dan pembinaan generasi muda.

Sementara Humas PMI Banjarnegara, M Alwan Rifai mengatakan optimalisasi kinerja dan peran PMI dalam berbagai hal yang berhubungan dengan pelayanan sosial kesehatan akan terus ditingkatkan dalam rangka membantu tugas pemerintah.

"Dengan menyasar berbagai segmentasi dan element masyarakat diharapkan peran dan fungsi PMI akan lebih maksimal dam optimal sehingga semakin dekat dan dicintai oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019