Universitas Pancasila (UP) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyatakan siap membantu meningkatkan perekonomian pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kota Depok dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) untuk sarana pemasaran.

"Kegiatan PKM ini sebenarnya merupakan implementasi dari program mata kuliah e-bussines dan Sistem Informasi Geografi (SIG)," kata Kepala Program Studi (Kaprodi) Fakultas Teknik Informatika UP, Ionia Veritawati di Balaikota Depok, Kamis.

Jadi lanjutnya mahasiswa tidak hanya berada di kelas, tetapi dari apa yang didapat di kampus bisa diaplikasikan di masyarakat

Baca juga: Universitas Pancasila-Kemenpora kerja sama dorong kemajuan wirausaha muda

Menurut dia pada tahap awal PKM, pihaknya menyosialisasikan terkait digital marketing berbasis geospasial bagi IKM. Menurutnya, dengan perkembangan TI, digital marketing menjadi sara promosi yang efektif untuk meningkatkan kapasitas usaha IKM di Kota Depok.

"Selain itu, kita juga akan mencari tahu kebutuhan IKM yang hadir di sini melalui pengisian kuesioner, sehingga semakin memperkaya mengenai apa yang akan dibangun oleh mahasiswa ke depan dan bisa bermanfaat bagi para pelaku usaha,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Martinho Vaz, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap, kegiatan ini dapat membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh para pelaku IKM.

"Harapan kita tidak hanya sampai pada sosialisasi atau pelatihan, tetapi bisa ada pendampingan bagi pelaku IKM dari para mahasiswa sehingga dapat membantu mereka mengatasi kesulitan terkait desain maupun teknik pemasaran digital," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019