Hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Kota Bekasi kembali dibuka pada Minggu, setelah ditiadakan selama Ramadhan dan Idul Fitri yang lalu.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Minggu, mengatakan pihaknya saat itu mengeluarkan edaran bahwa CFD diliburkan mengingat masyarakat menjalani ibadah puasa Ramadhan dilanjutkan Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Maka pelaksanaan car free day di Kota Bekasi kemarin diliburkan selama enam kali hari Minggu, yaitu tanggal 5, 12, 19, 26 Mei, dan tanggal 2 dan 9 Juni 2019," kata dia.

Dia menjelaskan setelah enam pekan berlalu, kini masyarakat Kota Bekasi dapat kembali menikmati CFD setiap akhir pekan, mulai hari ini dan pekan-pekan berikutnya.

Kasubbag Humas Pemkot Bekasi Sayekti Rubiah mengatakan peniadaan CFD yang biasa dilakukan mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB di sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan selama enam pekan yang lalu untuk menghargai Bulan Suci Ramadhan.

"Agar masyarakat Kota Bekasi khususnya bisa fokus menjalani segala macam ibadah di Bulan Suci Ramadhan," kata dia.

Selain itu, kata dia, untuk menunjang kelancaran arus mudik serta balik Lebaran, mengingat Jalan Jenderal Ahmad Yani merupakan jalan protokol yang menjadi jalur lintasan pemudik.

Sayekti mengimbau masyarakat pengguna CFD untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta sarana dan prasarana umum yang ada di sekitar area CFD.

"Silakan datang, ajak keluarga namun tetap jaga ketertiban umum agar sarana CFD yang diselenggarakan Pemkot Bekasi dapat bermanfaat," kata dia.
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019