Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memfokuskan kegiatan pendalaman spiritual kepada pelajar SD dan SMP selama bulan suci Ramadhan, sedangkan kegiatan belajar reguler ditiadakan dulu.

"Untuk kegiatan belajar reguler, ditiadakan dulu, tetapi kita fokuskan pada pendalaman spiritual siswa selama bulan Ramadhan," kata Kepala Dinas Pendidikan setempat Purwanto, di Purwakarta, Kamis.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Dinas Pendidikan Purwakarta mempersilakan pihak sekolah bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid, majelis taklim atau pesantren yang dekat dengan sekolah tersebut.

"Imbauan agar memperdalam spiritual itu sudah disampaikan," kata dia.

Menurut dia, kebijakan itu dikeluarkan agar para pelajar tingkat SD dan SMP di Purwakarta lebih khusyuk dalam menjalankan ibadah puasa.

"Kita serahkan kepada pihak sekolah dan guru untuk membimbing siswa, terpenting dalam bulan Ramadhan ini siswa fokus menjalankan ibadah puasa dan lebih diperbanyak kegiatan spritualnya," katanya.

Dari pantauan, di beberapa sekolah sudah melaksanakan pendalaman kitab suci Al-Quran hingga kitab kuning.  

Selain itu di sejumlah sekolah,  para siswa juga tampak bertadarus Al-Qur'an bersama sebelum melakukan kegiatan spiritual lainnya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019