Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menggelar Festival Bambu 2019 untuk merangsang para perajin agar terus berkembang dan berinovasi.

"Festival Bambu ini digelar sebagai bagian dari upaya meningkatkan potensi perajin bambu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) setempat Iyus Permana, disela kegiatan Festival Bambu 2019, di Bale Maya Datar Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan, bambu merupakan jenis varian tumbuhan yang sering ditemukan di tanah air. Keberadaanya bukan hanya menjadi tanaman biasa, tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku ekonomi kreatif.

"Bambu dapat bernilai ekonomis tinggi bila pengolahannya tepat," katanya.

Sekda menyatakan kalau ke depan pihaknya akan memasukkan pengetahuan seputar alat musik dari bambu dalam program kurikulum ekstrakurikuler sekolah.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Purwakarta Agus Hasan mengatakan, industri kreatif bambu dapat dijadikan potensi ekonomi kreatif. Selain itu, juga berpotensi untuk menarik wisatawan.

Setelah menggelar Festival Bambu, Agus mengaku pihaknya akan berusaha agar setiap karya dari bambu bisa mudah dijumpai dipasaran. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019