Ratusan warga Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan pawai Tarhib Ramadhan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah pada Minggu (28/4) petang usai menjalankan shalat Magrib.

"Sudah menjadi tradisi kami di Bekasi pada umumnya. Biasanya dilakukan sepekan jelang Bulan Ramadhan, khususnya warga di lingkungan Kecamatan Cikarang Pusat dan sekitarnya," kata Koordinator pawai, Suryanto (48) di Cikarang, Minggu petang.

Suryanto mengatakan, pawai tarhib atau menyambut datangnya Ramadhan ini dilakukan dengan berjalan kaki mengelilingi kampung sambil membawa atribut bernuansa Islami.

"Kita start dari pendopo Masjid Al-Madani Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat dan nanti selesainya juga di titik tersebut," kata dia.

Pawai Tarhib kali ini diikuti sejumlah elemen warga, mulai dari pelajar, mahasiswa, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Majelis Taklim, hingga masyarakat umum.

"Ada 500 lebih peserta yang telah kami data sebelum pawai berjalan tadi, dari warga luar Cikarang Pusat juga ada," katanya.

Kegiatan ini dimaksudkan agar saat Ramadhan tiba nanti, warga sudah betul-betul siap lahir dan batin untuk melaksanakan segala aktivitas ibadah di Bulan Ramadhan.

"Istilah olahraganya, ini adalah warming up (pemanasan) jadi ketika masuk Ramadhan, kita sudah siap dalam segala hal," ucapnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan warga bisa menyambut datangnya Bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Dirinya juga mengimbau agar selama Ramadan nanti, warga khususnya generasi muda dapat bersama-sama memeriahkan masjid.

"Karena kan tahu sendiri generasi muda sekarang, tantangannya banyak banget sehingga harus diarahkan ke hal-hal yang positif seperti mendekatkan diri ke masjid, melakukan shalat berjamaah, tadarus Quran ataupun kegiatan positif lainnya," tuturnya.

Pawai Tarhib  berlangsung meriah, peserta berkeliling kampung dengan penuh antusias, begitu pula sambutan warga yang ikut menyaksikan pawai.

"Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh ampunan, kita sebagai muslim harus bisa memanfaatkan momen ini dengan melaksanakan ibadah Bulan Ramadhan secara maksimal," tandas dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019