Sukabumi (Antara) - Kepala Stasion Utama Sukabumi, Budi Mulyana mengatakan sampai saat ini pihaknya belum mengetahui kapan akan kembalinya Kereta Rel Diesel Bumi Geulis jurusan Sukabumi-Bogor kembali beroperasi.

"Belum ada kepastian dari pihak PT KAI kapan KRD Bumi Geulis ini kembali beroperasi," kata Budi kepada Antara, Kamis.

Menurut Budi, sudah setahun lebih KRD Bumi Geulis ini menjalani perbaikan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta namun belum diketahui sudah berapa persen perbaikan KRD ini selesai diperbaiki, karena pihaknya juga sampai saat ini belum ada informasi.

Lebih lanjut, pihaknya juga sering mendapatkan pertanyaan dari warga kapan akan kembalinya angkutan umum darat ini akan kembali, karena dengan adanya KRD ini warga di Sukabumi yang bepergian menuju Bogor sangat terbantu untuk menghindari kemacetan dan mempersingkat waktu.

Selain itu, kondisi arus lalu lintas di Sukabumi yang selalu dirundung kemacetan kebutuhan akan transportasi yang nyaman, cepat dan aman dibutuhkan oleh warga. Tapi, pihaknya mengimbau kepada masyarakat atau pelanggan KRD Bumi Geulis untuk bersabar dan berharap dalam waktu dekat ini bisa beroperasi kembali.

"Walaupun KRD tidak beroperasi, tetapi kami terus melakukan pemeliharaan rel khawatir ada yang rusak atau ada bongkahan yang hilang akibat tangan jahil oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga jika KRD ini kembali beroperasi maka kondisi rel tetap layak untuk dilalui," tambahnya.

Sementara, Ketua Forum Aktivis Mahasiswa Sukabumi, Yayan Hendayana mengatakan kebutuhan masyarakat di Sukabumi akan kereta cukup tinggi, karena selain nyaman, aman dan cepat harga tiketnya pun murah atau hanya setengah dari angkutan umum darat lainnya.

Maka dari itu pihaknya meminta kepada Kementerian Perhubungan RI dan PT KAI untuk memperhatikan permintaan warga agar KRD Bumi Geulis bisa segera beroperasi kembali sebagai angkutan umum yang diidamkan oleh ribuan masyarakat.

Pewarta: Oleh Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013