Depok (Antara) - Maestro seni budaya Indonesia Guruh soekarno Putra, Rabu, memberikan kuliah umum bertajuk "Seni dan Pembentukan Karakter Bangsa" di Auditorium Gedung IX, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia kampus Depok.

Dalam kuliah umumnya itu Guruh berbagi pengalaman di bidang seni budaya serta memberikan wawasan kepada mahasiswa dalam melihat seni dan kegiatan berkesenian di Indonesia dalam konteks global.

"Seni di Indonesia saat ini tak lepas dari sejarah yang membentuknya, proses percampuran dan kontak intensif dengan berbagai unsur lokal global yang turut membentuk jati diri identitas bangsa Indonesia," katanya.

Kuliah Umum dihadiri oleh ratusan mahasiswa baru UI peserta Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) Seni maupun masyarakat umum yang dibuka oleh Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Bambang Wibawarta, MA.

Guruh Soekarno Putra merupakan sosok yang senantiasa setia mengangkat kekayaan ragam seni budaya nusantara. Karya-karyanya telah membuktikan rasa nasionalisme dan kecintaannya terhadap Tanah Air Indonesia.

Kuliah umum dengan mengundang budayawan merupakan salah satu kegiatan rutin MPK Seni, yang telah dimulai sejak tahun 2005. UI menyadari seni di Indonesia telah menjadi salah satu indikator pembentuk karakter bangsa.

Untuk itu, sebagai universitas dengan menyandang nama besar Indonesia, UI menerapkan mata kuliah MPK Seni yang diharapkan dapat menjadi garda pembentuk karakter bangsa dalam dunia pendidikan.

Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Farida Haryoko mengatakan MPK Seni merupakan salah satu mata kuliah wajib UI yang merupakan bagian dari Program Pengembangan Kepribadian Pendidikan Tinggi (PPKPT).

Saat ini peminatan MPK Seni UI terdiri dari dua bidang yaitu Seni Rupa dan Seni Pertunjukan. Peminatan Seni Rupa terdiri dari Lukis, Batik, Kaligrafi, Komik, dan Fotografi, sedangkan peminatan Seni Pertunjukan terdiri dari Karawitan Jawa, Karawitan dan Tari Bali, Wayang, Teater, Vokal dan Musik, serta Apresiasi Film.

Pewarta: Oleh Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013