Bogor (Antara) - Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru`yat mencanangkan program TNI Manunggal Satata Sariksa (TMSS) dalam rangka menumbuhkan budaya gotong royong masyarakat di kota tersebut serta kemanunggalan TNI dengan warga, Rabu.

Tahap awal pencanangan program TMSS ini berlangsung di Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, dimana dimulai dengan membangun jalan setapak sepanjang 300 meter dan lebar 1 meter oleh anggota TNI dan masyarakat setempat.

"Kita sangat mengapresiasi program TMSS, karena program tersebut untuk menumbuhkan kembali budaya gotong royong di tengah masyarakat yang kini mulai ditinggalkan," kata Ru`yat.

Ru`yat mengatakan, Pemerintah Kota Bogor mendukung program TMSS dengan mengalokasikan dana APBD untuk memicu warga setempat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan.

"Kedepan nanti kita berharap setiap Kelurahan di Kota Bogor minimal akan memperoleh kucuran dana minimal Rp50 juta untuk merangsang masyarakat berperan aktif membangun wilayahnya," ujar Ru`yat.

Ru`yat menambahkan, program TMSS diharapkan akan lebih meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan, sekaligus wujud kemitraan masyarakat, pemerintah dan TNI.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berancana (BPMKB) Kota Bogor, Irwan Riyanto mengatakan, program TMSS memili tujuan untuk memelihara keterpaduan, keserasian dan kebersamaan dari semua unsur yang terkait dengan masyarakat dalam membangun daerah.

Menurut Irwan, program TMSS merupakan salah satu upaya mewujudkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat yang kegiatan berorientasi kepada pembangunan di kelurahan.

"TMSS ini merupakan implementasui budaya gotong royong dalam pembangunan yang hasilnya perlu dipelihara dan dikembangkan terus menerus sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Irwan.

Ia mengatakan, pembangunan jalan di Kelurahan Katulampa tersebut dengan anggaran dari APBD Kota Bogor sebesar Rp48 juta.

"Anggaran ini diperuntukkan untuk biaya pembangunan jalan serta program TMSS ini," katanya.

Sementara itu, pencanangan program MTSS, ditandai peletakan batu pertama dimulainya pembangunan jalan setapak di RW VIII Kelurahan Katulampa oleh Wakil Wali Kota Bogor Achmad Ru`yat yang juga salah satu kandingan calon wali kota yang akan berlaga di Pilkada 2013.

Pewarta: Oleh Laily Rahmawati

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013