Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan penggalangan komitmen bersama dengan enam puskesmas yang akan di lakukan akreditasi, bertempat di Aula Dinkes Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (25/3/19).

Kepala pembinaan, pengendalian, peningkatan mutu dan fasilitas pelayanan kesehatan (Pimdal PM Fasyankes) drg Elva Adhyaksani G Mkes dalam sambutan nya mengatakan, penting bagi puskemas mempersiapkan dengan matang menjelang akreditasi tahun 2019.

"Untuk tahun ini akan ada enam puskesmas yang akan di akreditasi, maka semua harus mempersiapkan dengan serius," kata Elva.

Enam puskesmas itu antara lain, Lawang Gintung, Kayumanis, Pondok Rumput, Gang Aut, Belong dan Mulyaharja.

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka pembekalan materi terkait kelengkapan dan kesiapan bagi perwakilan petugas puskesmas, menjelang akreditasi beberapa bulan ke depan.

"Sekitar empat atau lima bulan lagi, proses akreditas akan dilakukan," lanjut Elva.

Sementara Kepala seksi pelayanan kesehatan primer dan tradisional Dinkes Kota Bogor, dr Amien dalam paparan di hadapan para peserta mengatakan, pertama yang harus di pahami adalah modal dasar puskesmas.

"Modal dasar bagi puskesmas setidaknya ada tiga, support, integration dan commitment," kata Amien.

Intinya semua pihak dari atasan hingga bawahan harus memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dan bangun kerjasama yang baik, karena antara satu dengan yang lain saling berkaitan.

"Bentuk panitia akreditasi, siapkan aturan standarisasi puskesmas, tata naskah, tampilan bangunan, dan data dokumentasi," papar Amien.

Pewarta: Arief Amarudin

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019