Karawang (Antara) - Harga beras berbagai jenis di Pasar Induk Beras Johar, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, naik sejak beberapa hari terakhir.

Sejumlah pedagang di pasar setempat, Senin, mengakui kenaikan harga beras itu disebabkan berkurangnya pasokan beras dari daerah setempat, menyusul tidak menentunya cuaca.

"Kenaikan harga beras itu bervariasi, tergantung jenisnya," kata Jay, salah seorang pedagang beras di Pasar Induk Beras Johar Karawang.

Ia mengatakan di antara jenis beras yang mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir ialah beras lokal jenis IR-64 yang awalnya Rp7.500 per kilogram menjadi Rp8.200 per kilogram.

Selanjutnya, untuk beras jenis super mengalami kenaikan hingga Rp500 per kilogramnya, yang awalnya dijual Rp8.200 per kilogram menjadi Rp8.700 per kilogram.

Para pedagang beras mengakui harga beras tersebut dipengaruhi kondisi cuaca dan pasokan dari daerah lain seperti Subang, Cirebon dan Indramayu.

"Saat ini pasokan beras dari daerah agak berkurang. Jadi berpengaruh terhadap harga di pasaran," kata dia.

Sejumlah pedagang berharap agar masalah pasokan beras bisa segera diatasi. Sehingga harga beras tidak akan terus melonjak hingga lebaran.

Pewarta: Oleh M. Ali Khumaini

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013