Bogor, 30/5 (Antara) - Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Bogor 2013 diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang secara resmi telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat.

"Pilkada tahun ini diikuti empat pasangan calon yang terdiri atas dua pasangan perorangan, dan dua pasangan partai pilitik," kata Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bogor Harianto Subakti di Cibinong, Kamis.

Harianto menyebutkan empat pasangan calon tersebut yakni Gunawan Hasan dengan Muhammad Akri Falaq atau Akri Patrio, dan Alex Sandy Ridwan dengan Hengky Tornado.

Sementara itu, pasangan dari partai politik yang mendaftar adalah Rachmat Yasin dengan Nuhayanti yang didukung koalisi 12 partai, dan pasangan Karyawan Faturrahman dengan Adrian Aria Kusuma dari dua partai.

"Pendaftaran bakal calon dibuka mulai dari 24 Mei hingga 30 Mei, pasangan pertama yang mendaftar datang dari jalur perorangan Gunawan Hasan/Muhammad Akri Falaq dan incumbent dari partai politik Rachmat Yasin/Nurhayanti," kata Harianto.

Pasangan berikutnya yang menyusul mendaftar Alex Sandy Ridwan dan Hengky Tornado yang mendaftarkan dirinya Rabub(29/5) kemarin.

"Pasangan terakhir yang mendaftara dari jalur partai politik Karyawan Faturrahman dan Adrian Aria Kusuma yang mendaftar di hari terakhir pendaftaran," katanya.

Harianto menambahkan, keempat pasangan calon telah resmi mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas persyarakat pendaftaran ke KPU.

Setelah pendaftaran dan penyerahan berkas KPU akan melakukan verifikasi vaktual kelengkapan data para calon.

"Setelah proses verifikasi pada bulan Juli mendatang KPU akan meluncurkan empat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bogor," katanya.

Menurut Harianto, jumlah pasangan calon yang mendaftar Pilkada Kabupaten Bogor tahun ini sedikit berkurang pada lima tahun sebelumnya yang diikuti lima pasangan calon.

Ia mengatakan, dari jalur perorangan ada empat berkas yang masuk, namun hanya dua pasangan yang lolos seleksi berkas dukungan.

"Sedangkan dari partai politik ini, ada 15 partai politik yang ikut Pilkada memilih berkualisi, satu pasangan didukung 12 partai kualisi dan satu pasangan didukung dua partai politik," katanya.



Laily R

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013