Cikarang, Bekasi (ANTARAnews Megapolitan) - Sembilan Puskesmas di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tengah mengejar proses akreditasi dari Kementerian Kesehatan dan ditargetkan tahun 2019 ini sudah terakreditasi seluruhnya.

Sembilan Puskesmas itu di antaranya Puskesmas Cikarang, Cibatu, Setu 2, Sukaraya, Tridaya Sakti, Bahagia, Setia Mulya, Wanajaya, dan Puskesmas Setia Mekar.

"Penyelesaian akreditasi ini berkaitan juga dengan BPJS Kesehatan, agar kerja sama dengan BPJS dapat berlanjut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti di Cikarang, Kamis.

Enny menjelaskan, di Kabupaten Bekasi terdapat 44 Puskesmas, 35 di antaranya telah mendapatkan akreditasi melalui Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan periode 2017-2018 lalu.

"Kemenkes sebelumnya telah mengeluarkan instruksi kepada pemerintah daerah agar 2020 seluruh layanan fasilitas kesehatan terakreditasi," katanya.

Akreditasi terhadap fasilitas kesehatan dilakukan setiap tiga tahun sekali, tidak terkecuali Puskesmas. Hal ini merujuk pada regulasi Permenkes Nomor 75 Tahun 2014.

"Jika sampai 2020 belum terakreditasi, secara otomatis kerja sama dengan BPJS Kesehatan akan terputus," ucapnya.

Menurut Enny, jika hal itu terjadi maka Puskesmas tidak lagi bisa menerima pasien BPJS dan dampaknya masyarakat tidak bisa lagi mendapat layanan fasilitas kesehatan yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Adapun standar penilaian akreditasi Puskesmas meliputi administrasi dan manajemen lingkungan Puskesmas, upaya kesehatan perorangan, serta upaya kesehatan masyarakat.

Enny menambahkan, ketika Puskesmas telah lolos akreditasi maka layanan yang diberikan ke warga akan lebih baik. Oleh sebab itu pihaknya saat ini tengah meningkatkan aspek penilaian akreditasi di sembilan unit Puskesmas tersebut.

"Dengan yang belum terakreditasi mereka sama saja tetap melayani tapi yang pasti jika dibanding dengan yang sudah terakreditasi, mereka lebih tertata terutama aspek-aspek yang jadi poin penilaian akreditasi," tandas Enny.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019