Cibinong (ANTARA News Megapolitan) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor, Jawa Barat masih memproses 34 ribu bidang tanah untuk mendapatkan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Sertifikat tanah dalam program PTSL 2018 sebagian sudah kita bagikan, sebagian lagi belum," kata Kepala BPN Kabupaten Bogor Agus Tiarsah, kepada Antara di Cibinong, Rabu.

Ia mengatakan saat ini pembagian PTSL sebanyak 34 ribu sertifikat tanah ini masih berlangsung di empat kecamatan seperti, Kecamatan Jasinga, Ciseeng, Cigudeg, dan Kecamatan Gunung Sindur.

Pembagian PTSL katanya sudah dijadwalkan oleh tim masing-masing tim yang bertugas di empat kecamatan tersebut.

"Setiap hari kita bagikan melalui tim di lapangan, untuk sisa jumlah sertifikat tanah kurang tahu karena setiap hari dibagikan, yang mencapai 500 bidang tanah yang diserahkan," jelas Agus.

Agus menambahkan untuk program PTSL 2019 belum dimulai didistribusikan kepada masyarakat yang mengikut program ini, sebab masih dalam proses penyuluhan dan pengukuran oleh tim BPN Kabupaten Bogor.

Jumlah sertifikat tanah dalam program PTSL 2019 bertambah dari tahun lalu menjadi 75 ribu bidang tanah di Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Direncanakan program PTSL 2019 dibagikan pada akhir tahun setelah semua dilakukan proses pengukuran dan lainya," jelasnya.

Program PTSL 2019 sebanyak 75 ribu bidang tanah di alokasikan di wilayah Kecamatan Bojong Gede, Ciawi, Cileungsi, Cibinong, Sukaraja, Taman Sari dan Kecamatan Leuwiliang.

Sementara itu Bupati Bogor Jawa Barat Ade Yasin mengatakan bahwa jumlah PTSL pada 2019 berjumlah 75 ribu bidang tanah yang akan dibagikan di wilayah pemerintah tersebut.

"PTSL ada 75 ribu bidang ya di tahun ini, paling banyak di wilayah Cibinong tapi itu tersebar di wilayah lainya," kata Ade.

Editor berita: Feru Lantara

Pewarta: Mayolus Fajar Dwiyanto/Muhammad Irwan Supriyadi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019