Bogor (Antaranews Megapolitan) - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran awal dibentuk 22 september 2018 dan salah satu bidang didalamnya adalah UKM Debat. UKM Debat ini berada dibawah Badan Eksekutif Mahasiswa bidang pendidikan.

Sebelum pembentukan UKM Debat di Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor Jurusan Peternakan 3 orang mahasiswa Polbangtan Bogor Jurusan Peternakan sudah terlebih dulu mengikuti kegiatan lomba debat Landformation 2018 di Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Jatinangor pada tanggal 19 - 23 september 2018.

Delegasi Polbangtan Bogor berhasil memperoleh juara harapan 2 dan menjadi delegasi terbaik pada kegiatan landformation 2018.

Dari keikutsertaan delegasi Polbangtan Bogor pada kegiatan landformation 2018 ini ternyata mendapat respon yang sangat baik dari pihak akademik kampus dan juga mahasiswa. Sehingga menjadi pionir pembentukan UKM Debat di Polbangtan Bogor.  

Sesuai dengan program dari koordinator bidang pendidikan BEM yakni Critical Point of Agriculture Student (CIPTA) yang berarti titik kritis dari mahasiswa pertanian yang bertujuan untuk menjaga, meningkatkan dan menstabilkan titik kritis mahasiswa dalam ilmu nalar.

Pembentukan UKM Debat merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh bidang pendidikan dalam memfasilitasi mahasiswa dengan tujuan utama menumbuhkan kemampuan mahasiswa berfikir kritis dan berbicara secara tersetruktur.

Sampai saat ini data mahasiswa-mahasiswi yang bergabung pada UKM debat adalah 12 orang yang sudah terbentuk menjadi 4 tim debat.  

“Klub Debat sebaiknya diaktifkan kembali, debat ilmiah penting untuk melatih kelincahan berfikir dan menuangkannya dalam kalimat-kalimat yang terstruktur. Sebagaian besar presiden US adalah alumni klub debat di kampusnya,” kata ibu Dr. drh Endang Endrakasih, M.Si selaku dosen pembimbing bidang pendidikan.

Melalui UKM Debat ini diaharapkan mahasiswa-mahasiswi mampu menumbuhkan dan melatih kemampuan berfikir kritis dan berbicara.

Beberapa mahasiswa Polbangtan Bogor yang tergabung pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran saat melakukan diskusi di Kampus Polbangtan Bogor, Jawa Barat.

polbangtan bogor, UKM Debat, Unit Kegiatan Mahasiswa, UKM Penalaran, Landformation 2018

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2019