Sukabumi (ANTARA News Megapolitan) - Terminal Bus Kota Sukabumi, Jawa Barat, menyiapkan 60 bus cadangan untuk berbagai tujuan sebagai antisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

"Untuk bus yang sudah siap beroperasi saat ini ada 200 unit dengan tujuan dalam Sukabumi, Jabodetabek, Jawa Tengah. Namun untuk antisipasi adanya lonjakan penumpang maka ditambah 60 unit sebagai cadangan sehingga totalnya mencapai 260 unit," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal KH Ahmad Sanusi Sukabumi Kementerian Perhubungan Yukky Rahmat Yunus di Sukabumi, Sabtu.

Menurutnya, seluruh kendaraan atau bus yang disiagakan untuk mudik Natal dan perayaan tahun baru tersebut sudah lama kondisi layak jalan karena sudah mejalani ramchek atau uji kelayakan dan pengemudinya pun telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan narkoba.

Namun, hingga kini belum ada lonjakan penumpangan yang signifikan dan diperkirakan puncaknya pada H-1 Natal dan Tahun Baru. Biasanya kenaikannya bertahap menjelang akhir tahun.

Pada libur Natal tahun ini, pemudik didominasi oleh penumpang tujuan Jawa Tengah seperti Solo, Semarang dan Yogyakarta. Untuk tarifnya pun masih normal, penumpang yang akan berangkat tidak perlu panik karena ketersediaan bus mencukupi.

"Kalau peningkatan penumpang sudah terjadi sejak awal musim libur sekolah, tetapi karena perusahaan belum libur sehingga belum terjadi lonjakan yang signifikan," tambahnya.

Yukky mengimbau kepada calon penumpang agar tidak membawa barang yang berlebihan apalagi menggunakan perhiasan dan membawa uang dalam jumlah yang banyak. Untuk pengamanan, sudah ada petugas gabungan dari Satpol PP, Dishub, TNI dan Polri yang bersiaga di terminal.

Editor berita: F. Yunianto

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018