Cikarang, Jabar (ANTARA News Megapolitan) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengukuhkan Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Natal 2018 dan Libur Tahun Baru 2019.

"Satgas bertugas untuk memberikan berbagai layanan, khususnya kepada pengguna jalan tol, pada libur panjang akhir tahun," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Menurut dia ini perlu dipersiapkan diri menjelang libur Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dalam hal tersebut tidak ada perbedaan seperti pada periode arus mudik dan balik Idul Fitri. Hal ini dilakukan karena beberapa faktor.

Faktor-faktor itu antaranya libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) ini walaupun tidak seberat mudik dan balik Lebaran, namun terjadi pada saat cuaca yang cukup berat. 

Pasalnya pada bulan Desember, curah hujan sangat tinggi, terjadi banjir, longsor dan lain-lain sehingga Jasa Marga merasa perlu untuk adanya peningkatkan kewaspadaan seluruh pengguna jalan tol.

Dan faktor yang kedua ini bertepatan dengan mulai beroperasinya sejumlah tol yang menjadi bagian mega proyek Tol Trans Jawa. Dalam waktu dekat ini, beberapa ruas di Tol Trans Jawa akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

“Trans Jawa sepenuhnya tersambung dari Merak sampai Grati. Hal ini pertama kali terjadi di negeri kita. Untuk itu, yang kita hadapi tidak sama dibandingkan sebelumnya. Untuk kota-kota besar, untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), kita masih menghadapi hal sama, yaitu kepadatan,” katanya.

Ia menambahkan dalam hal ini meminta pegawai Jasa Marga untuk dapat memahami perbedaan situasi di Jalan Tol Japek dan Trans Jawa  bahwa keselamatan pengendara menjadi hal sangat penting.

"Tim satgas tersebut juga dihadiri oleh antara lain Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur, Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo, Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal, serta Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Alex Denni," katanya.

Selain itu, Tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Natal 2018 dan Libur Tahun Baru 2019 memiliki empat Koordinator Operasional berdasarkan wilayah, antaranya pada Wilayah I meliputi sekitar Jabodetabekdung. 

Dan pada wilayah II untuk sekitar Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dan wilayah III meliputi luar Jawa, sedangkan wilayah IV sekitar tempat istirahat (Rest Area).

Sementara itu, AVP Corporate Communications PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru membenarkan bila mana adanya pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Operasional Hari Raya Natal 2018 dan Libur Tahun Baru 2019.

Dan pengukuhan itu audah berlangsung di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta. Namun tim ini juga melakukan koordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Polri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dan Pertamina.

Editor berita: Masnun

Pewarta: Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018